-->

Bantu Stabilitas Harga, Herry Ario Naap Kirim 15 Ton Jahe Petani Biak ke Jayapura


BIAK, LELEMUKU.COM - Setelah melakukan ekspor ikan dengan tujuan negara Singapura, pengiriman telur ayam lokal untuk kesekian kalinya ke sejumlah daerah di Papua, maka kali ini giliran jahe sebanyak 15 ton yang dikirim oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dengan tujuan Kota Jayapura.

Pengiriman jahe putih hasil produksi dari masyarakat petani dikirim oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk membantu stabilitas harga jahe di kalangan petani  jahe karena produksinya sudah tergolong melimpah.

Jahe yang sudah dikemas dalam karung lalu dinaikan ke kontainer itu siap dikirim menggunakan KM. Ciremai yang rencananya akan berangkat dari Biak dengan tujuan Kota Jayapura, Sabtu (04/09/2021).

Pelepasan jahe itu dilakukan langsung oleh Asisten I yang juga adalah Plh Sekda Mahasunu, S.IP.,MM dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan I Made Suardana, S.Sos.,M.AP dan jajaran pengurus Perusda PT. Babe Oser serta para petani jahe sendiri.

“Kalau khusus untuk jahe sudah cukup banyak diproduksi oleh petani, dan kami dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor berupaya mencarikan pasar, ya salah satunya dengan mengirim ke luar daerah, seperti yang akan dilakukan ini, yakni mulai mengirim ke Kota Jayapura,” kata Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

Dikatakan, dari hasil pantauannya langsung di lapangan usaha budidaya di masyarakat sudah cukup baik dengan produksi yang terus meningkat. Untuk itu, pemerintah daerah berupaya mencarikan solusi pasar dengan cara mengirim jahe-jahe tersebut ke daerah yang memiliki permintaan banyak, salah satunya Kota Jayapura dan sekitarnya.

Kebijakan itu juga diambil oleh pemerintah daeeah, kata Bupati, untuk menjaga stabilitas harga jahe agar masyarakat petani jahe tidak merasa rugi ketika harga jahe anjlok di Biak karena penawarannya (ketersediannya) melimpah, sementara permintaan (pembelinya) terbatas.

Setelah pengiriman perdana, rencananya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Perusahaan Daerah (Perusda) PT. Babe Oser juga kembali akan melakukan pengiriman berikutnya, khususnya jenis jahe putih pada Rabu, 7 September 2021.  

“Stok jahe di masyarakat yang sedang dikumpul masih cukup banyak, oleh karena itu hari Rabu pecan depan kembali akan dikirim 15 ton ke Jayapura,” ucapnya.

Sekedar diketahui, beberapa waktu sebelumnya Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga sudah pernah melakukan pengiriman jahe dengan tujuan Kota Surabaya. Untuk itu, budidaya pengembangan jahe  terus dipacu karena dinilai cocok dengan kondisi struktur tanah di Kabupaten Biak Numfor dan perawatannya tidak terlalu sudah.

“Intinya bahwa pemerintah daerah tidak akan tinggal diam ketika ada peluang untuk bisa kita kirim ke luar, semuanya itu dilakukan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya, ya salah satunya seperti yang saat ini kita lakukan dengan mengiriam telur ayam lokal, jahe dan ikan serta komoditas lainnya,” tandas Bupati Herry Naap menambahkan. (HumasBiakNumfor)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel