-->

Harold Halirat Terima Hadiah Juara I Lomba Desa di Maluku 2021


AMBON, LELEMUKU.COM – Kepala Desa (Kades) Kandar di Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Harold Halirat menerima piala dan hadiah juara pertama ‘Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Maluku Tahun 2021’.

Pencapaian itu diserahkan secara langsung oleh Gubernur Murad Ismail bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku ke-76 pada Rabu, 18 Agustus 2021.

“Desa Kandar menjadi desa mandiri di Selaru yang merupakan pulau kecil terluar di Indonesia telah berhasil meraih juara I lomba desa tingkat provinsi Maluku tahun 2021,” ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanimbar, Salvin Solarbesain kepada Lelemuku.com.

Ia menyebutkan Desa Kandar telah mampu mengembangkan inovasi frugal untuk mendukung kemandirian pangan dan ekonomi bagi masyarakat desa.

Kandar memiliki hamparan sawah tadah hujan yang luas dan sudah berhasil memproduksi beras lokal.

Sebagian besar masyarakatnya adalah penenun handal dengan produk tenunan telah merambah pasar lokal, regional, dan nasional serta telah memberi kontribusi ekonomi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.


Solarbesain menambahkan kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan unit usaha pengolahan atau penggilingan padi dan produk kerajinan rakyat berbasis tenun mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Kandar.

“Selamat untuk kepala desa dan masyarakat desa kandar atas kerja keras dan kerja cerdasnya. Semoga menginsprasi desa-desa lain di Tanimbar,” ucapnya.

Desa Kandar sebagai juara pertama lomba desa memperoleh skor nilai 489,5 dan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp50 Juta.

Kemudian, Desa Ihamahu di Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sebagai juara kedua lomba desa memperoleh skor nilai 468,5 dan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp30 Juta.

Desa Poka di Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon sebagai juara ketiga lomba desa memperoleh skor nilai 436 dan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp20 Juta.

Selanjutnya Kelurahan Amantelu di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon sebagai juara pertama lomba kelurahan memperoleh skor 422 dan akan mendapatkan hadiah sebesar Rp50 Juta. (Albert Batlayeri)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel