-->

Polisi Sidik Sebab Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Terbakar dan Rubuh Saat Renovasi

Polisi Sidik Sebab Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Terbakar dan Rubuh Saat Renovasi.lelemuku.com.jpg
JAKARTA UTARA, LELEMUKU.COM -  Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Utara langsung menyelidiki penyebab kebakaran yang menyebabkan Kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang tengah direnovasi mengalami roboh pada Rabu siang pukul 15.00.

Kepala Satuan Intelkam Polres Metro Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Polisi Slamet Wibisono Yanto mengatakan percikan api diduga terjadi pada saat ada renovasi atap masjid yang terletak di Jl. Kramat Raya Koja Jakarta Utara itu.

"Berawal dari empat orang saksi sebagai pekerja dari PT Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Center. Renovasi tersebut menggunakan bahan triplek yang pada saat ingin memasang triplek atap Kubah Masjid tersebut para saksi melelehkan membran (aspal gulung) untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Oktober 2022.

Slamet menduga percikan dari alat bakar mengenai glaswool hingga timbul api. Saksi berupaya memadamkan menggunakan APAR, namun api makin membesar hingga membakar kubah sampai runtuh.

"Datang 9 unit Damkar yang dipimpin oleh Bapak Eko Budiyanto melakukan penanganan kebakaran hingga saat ini api masih belum padam dan masih dalam penanganan petugas kebakaran. Kerugian belum dapat ditaksir," kata Slamet.

Upaya yang dilakukan kepolisian adalah mendatangi lokasi, mendata para saksi, menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, dan mengimbau masyarakat agar tidak mendekat ke tempat kebakaran. Sementara ini belum ada korban jiwa dalam kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Koja, Jakarta Utara itu.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto, mengatakan total 20 mobil pompa dan 88 petugas Damkar dikerahkan untuk memadamkam api.

“Kami menerima informasi kebakaran Pukul 15.23 WIB. Petugas langsung kami kerahkan ke lokasi. Sumber api berasal dari kubah masjid,” ujarnya pada hari ini.

Detik-detik runtuhnya kubah Masjid Jakarta Islamic Center yang terbakar itu terekam dalam video amatir oleh warga sekitar. Mereka berteriak ketika melihat kubah tersebut perlahan-lahan ambruk. (Tempo)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel