-->

Jhony Plate Temui Vasyl Hamianin Bahas Kerja Sama Bidang Digital dan Keamanan Siber


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate bertemu dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin. Persamuhan itu membahas kerja sama Indonesia dan Ukraina untuk pengembangan talenta digital, infrastruktur, dan keamanan siber.

"Kita harapkan komunikasi kembali dibuka, supaya kita bisa menghidupkan kembali potensi kerja sama," ujar Johnny pada bilateral meeting, di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Oktober 2022.

Johnny mengatakan kerja sama kedua negara akan dilakukan secara jarak jauh dengan bantuan teknologi digital. Sebelumnya, kerja sama ini semoat terhenti karena perang antara Rusia dan Ukraina.

Menurut Johnny, Indonesia dan Ukraina tengah menjajaki pemnbicaraan untuk mengaktifkan kembali kerja sama yang pernah dijalin agar kedua negara. Tujuannya agar dua negara bersama-sama dapat memperkuat sisi digitalnya.

Jhonny menekankan, potensi kerja sama di bidang digital yang bisa dilakukan melalui pertemuan dan diskusi virtual, atau menyelesaikan konsep-konsep desain yang bisa dibagi secara jarak jauh. “Tadi kita kembali berdiskusi dengan potensi kerja sama antara Indonesia dan Ukraina khususnya di bidang digital talent, baik itu untuk ICT infrastructur downstream maupun cyber security," kata Johnny.

Menurut Jhonny, potensi kerja sama yang dapat terjalin dalam waktu dekat. Salah satunya melalui pertukaran pelajar.

"Salah satu yang di harapkan dapat dilaksanakan dengan cepat yaitu pertukaran pelajar, mungkin pelajar indonesia saat ini belum bisa datang ke Ukraina karena ada perubahan situasi geopolitik. Namun, pelajar dan calon-calon ahli dari Ukraina bisa belajar di Indonesia," ujarnya.

Jhonny melanjutkan, pertukaran pelajar merupakan bentuk hubungan antarmasyarakat (people-to-people) yang penting dilakukan untuk membangun relasi. Adapun Dubes Ukraina, Vasyl, mengatakan ada banyak poin yang bisa dikembangkan dari hubungan antara Indonesia dan Ukraina. Ia mengungkapkan kerja sama tersebut akan sangat penting karena teknologi informasi telah menjadi kunci kemajuan suatu negara. (Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel