-->

Zakius Degei Resmikan Markas Besar PMI Kabupaten Mimika

Zakius Degei Resmikan Markas Besar PMI Kabupaten Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Ketua PMI Provinsi Papua, Zakius Degei meresmikan Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika yang terletak di Jalan Yos Sudarso depan pasar lama, Selasa 20 September 2022. Peresmian markas besar ini juga sekaligus merayakan HUT PMI yang ke-77.

Wakil Bupati Johannes Rettob, S.Sos.,MM didampingi Ketua PMI Papua, Zakius Degei dalam sambutan Bupati Mimika Dr. Eltinus Omaleng, SE.,MH mengatakan, berbicara tentang PMI hal ini tidak terlepas dengan sejarah Panjang pendirian bangsa ini yakni pada tanggal 03 September 1945.

Mentri Kesehatan pada waktu itu diperintah langsung oleh Presiden pertama RI yakni Ir. Soekarno untuk membentuk Badan Palang Merah Nasional.

"Citra PMI di mata dunia yakni dengan adanya bantuan sosial dari PMI, maka telah menciptakan nilai yang sangat berharga di mata internasional. Hal ini dibuktikan pada saat PMI memberikan bantuan kepada korban perang dan tertera pada isi konvensi Jenewa 1949," pungkas John.

Palang Merah diakui oleh Komite PMI Internasional (ICRC) tanggal 15 Juni 1950, dan PMI menjadi anggota ke-68 oleh liga perhimpunan palang merah dan bulan sabit merah (liga) yang pada saat ini di sebut federasi internasional perhimpunan palang merah dan bulan sabit merah IFRC pada Oktober 1950.

"Sebagai salah satu organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia, perubahan organisasi adalah suatu keniscayaan. Namun bagi PMI perubahan tersebut menjadikan sebagai mitra strategis yang saling bermanfaat bagi sektor koperasi dan perorangan," jelasnya.

“Semoga dengan momentum HUT PMI Ke-77 ini menjadi wahana introspeksi agar PMI Kabupaten Mimika semakin kuat dengan semangat yang semakin baik dan berkualitas. Sebab jika ingin menjadi pengurus dan relawan PMI adalah panggilan jiwa karena mereka mengemban tugas yang dimuliakan yakni menolong sesama dengan tanpa pamrih," tambahnya.

PMI juga kerap dihadapkan dengan sejumlah persoalan klasik salah satunya adalah belum terpenuhinya kebutuhan darah karena minimnya pendonor darah sukarela.

Untuk itu, diperlukan upaya keras dari seluruh pengurus, anggota serta relawan PMI menyakinkan masyarakat luas tentang arti penting semangat kesetiakawanan sebab setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Pemerintah Kabupaten Mimika akan terus mendukung kegiatan dan organisasi lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan seperti halnya PMI. “Kami berharap kedepannya PMI kabupaten Mimika menjadi terdepan, handal, solid dan amanah serta memiliki semangat dedikasi dan keiklasan yang tinggi untuk bekerja, berkarya dan melakukan pengabdian yang terbaik dalam rangka melaksanakan tugas tugas kemanusiaan,” tambah John.

"Tak lupa juga hari ini kita meresmikan markas PMI, semoga menjadi aset berharga yang membanggakan dalam melayani masyarakat sehingga bisa menjadi center dalam pelayanan donor darah dan kegiatan kemanusiaan lainnya," tutup Wabup.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Papua Zakius Degei menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan relawan, serta semua pihak yang telah mendukung PMI di kabupaten Mimika, sehingga pada hari ini bisa merayakan ulang Tahun PMI yang ke- 77 bersamaan dengan peresmian Markas Besar PMI dengan tema “Terus Tebar Kebaikan”. (DiskominfoMimika)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel