-->

Prabowo Subianto dan Dudung Abdurachman Bahas Perintah Jokowi Bangun Pertahanan Teritorial

Prabowo Subianto dan Dudung Abdurachman Bahas Perintah Jokowi Bangun Pertahanan Teritorial

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Jumat, 16 September 2022. Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Dudung membicarakan soal pertahanan teritorial.

"Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas perihal pembangunan postur pertahanan teritorial," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Ahad, 18 September 2022.

Adapun kunjungan Prabowo bersama Joko Widodo di lakukan di sejumlah pulau di Provinsi Maluku, yang menghadap ke Timor Leste dan Australia. Keduanya pun sepakat untuk memperkuat kekuatan pertahanan teritorial.

Beberapa yang dikunjungi Prabowo bersama Jokowi adalah Pulau Moa di Maluku Barat Dayat, yang dia sebut termasuk kabupaten terluar sebelah timur, paling timur selatan. Jokowi pun mengingatkan Prabowo pentingnya desain untuk pertahanan dan keamanan negara.

"Di titik mana kira-kira yang paling tepat, ini penting karena memang ini potensi yang ada di sini perlu dilihat secara detail," kata Prabowo.

Keduanya juga sempat melihat salah satu titik terluar NKRI yakni Pulau Leti yang berbatasan dengan Timor Leste. Pulau Leti tersebut terlihat dari seberang Pantai Tiakur, di Pulau Moa, yang dikunjungi Jokowi.

Prabowo kala itu juga mengatakan pada 2,5 tahun yang lalu Jokowi telah memerintahkan pihaknya untuk membuat suatu desain besar pertahanan negara. Di dalamnya termasuk juga bagaimana pengamanan jalur-jalur laut kepulauan di Indonesia yang menjadi jalur bagi 60 persen perdagangan laut dunia.

"Pulau-pulau terluar di kawasan ini memang harus sudah kita rancang untuk menjadi bagian dari pertahanan kita. Tentunya ini akan kita lakukan dengan teliti dan mengikutsertakan semua lembaga terkait," kata dia.

Belum diketahui rencana detail yang akan dibuat Prabowo Subianto setelah datang ke pulau-pulau terluar itu bersama Jokowi. Juru bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak hanya menyebut kalau Prabowo selama ini memberikan perhatian lebih untuk memperkuat pertahanan pulau-pulau terluar, termasuk di timur Indonesia.

Perhatian utama yaitu pada infrastruktur pertahanannya dan sumber daya manusia di sana terhubung dengan aktivasi kegiatan ekonomi agar pulau-pulau terluar hidup secara ekonomi.

"Sehingga secara alamiah akan menjadi kekuatan pertahanan," kata dia saat dihubungi. (Fajar Pebrianto | Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel