-->

DPC GMNI Ambon Gelar Sosialisasi Pancasila di SMA Negeri 7


AMBON, LELEMUKU.COM - Dalam rangka merefleksi hari lahir Pancasila, pada maka pada Rabu (08/06/2022), GmnI Ambon menggelar sosialisasi Pancasila di SMA Negeti 7 Ambon, dengan tema Pancasila Sebagai Nation Foundation and Character Building.

Menurut Ketua DPC GmnI Ambon, Adi S Tebwaiyanan, dasar pikir yang menjadi rujukan DPC GmnI Ambon mensiasati dan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini yakni berdasarkan kaca mata objektif Pancasila sebagai dasar negara mengalami setback/kemunduran dalam praktiknya.

“Hal ini pun tidak dapat di lepas pisahkan dari perkembangan peradaban dunia yang mengalami kemajuan yang begitu pesat sehingga memberikan effek signifikan pada kehidupan sosial kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara,”ungkapnya.

Oleh karena itu, Tebwaiyanan memandang perlu adanya penguatan nilai-nilai Pancasila dalam sari-pati kehidupan berbangsa dan bernegara, karena Pancasila sendiri di gali dari rahim bangsa Indonesia di masa lalu, yakni bersumber dari adat dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Dikatakannya, dengan menurunnya kesadaran dan pengamalan nilai-nilai ideologi Pancasila di masyarakat, ini menjadi ancaman. Arus globalisasi dan modernisasi selain memiliki sisi positif bagi kehidupan masyarakat, namun juga memiliki sisi negatif seperti perilaku masyarakat Indonesia yang semakin meninggalkan bahkan melupakan nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegiatan ini diselenggarakan di SMA Negeri 7 Ambon.

“Salah satu upaya untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa adalah dengan meningkatkan kadar pemahaman nilai-nilai Pancasila,”tandasnya.

Ketua DPC GmnI Ambon mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang majemuk khususnya Provinsi Maluku, terlebih khusus Kota Ambon, yang masyarakatnya terdiri dari berbagai etnis, suku, ras dan agama, sehingga perlu adanya pemupukan kebersamaan dan toleransi.

“Hal itu dilakukan dengan mengacu pada nilai-nilai Pancasila yang di landaskan adat kebudayaan sehingga dapat mengkonstruk sebuah tatanan kerukunan dan kedamaian,” tuturnya.

Penanaman nilai-nilai Pancasila harus kembali digalakan di berbagai aspek kehidupan agar kembali tumbuh kesadaran dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menumbuh kembangkan kembali kesadaran karakter dan mentalitas generasi muda, dalam rangka menyiapkan pemahaman nilai-nilai ideologi Pancasila generasi muda, agar tidak teracuni dengan ideologi-ideologi asing.
Serta menjadi upaya nyata menuju bangsa Indonesia yang berkarakter, proaktif untuk mengantisipasi segala
bentuk tantangan perkembangan bangsa kedepan,”terangnya.

SMA Negeri 7 Ambon adalah langkah awal DPC GmnI Ambon dalam membina identitas, kemandirian dan pengenalan jati diri bangsa pada generasi muda sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang.

“Harapannya semoga dengan adanya sosialiasi ini siswa-siswi SMA Negeri 7 Ambon dapat memahami, mengilhami serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sosio kemasyarakatan,”harapnya.(indonesiatimur.co)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel