-->

Mathius Awoitauw Pastikan Jokowi Buka Kongres Aman VI di Papua

Mathius Awoitauw Pastikan Jokowi Buka Kongres Aman VI di Papua

SENTANI, LELEMUKU.COM – Bupati Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE., M.Si memastikan Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo akan membuka resmi Pelaksanaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nasional (Aman) VI Tahun 2022 di Papua pada 24 hingga 29 Oktober 2022. 

Terkait even akbar tersebut, Awoitauw mengaku telah melaporkan dan menyerahkan undangan secara langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Jumat, 20 Mei 2022.  

“Saya laporkan dan serahkan langsung undangan serta semua agenda kongres kepada beliau dan minta pak presiden hadir untuk membuka kongres,” ungkap dia di acara Halal Bi Halal dan Pelepasan 25 Jemaat Haji Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (Sopan) Jayapura di Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur pada Sabtu, 28 Mei 2022. 

Ia mengatakan melalui Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (RI), Jokowi menyambut positif undangan itu dan bersedia menghadiri iven dimana wilayah adat Tabi, meliputi Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom, Mamberamo Raya dan Kota Jayapura menjadi tuan rumah. 

“Luar biasa, kalau jadi artinya ini kongres aman pertama yang dihadiri oleh presiden,” kata Awoitauw. 

Kongres yang juga menyerukan tentang keberagaman utuh Indonesia itu akan dihadiri oleh sebanyak 6.000 peserta aktif masyarakat adat seluruh Indonesia.

Selanjutnya menjadi kegiatan pegelaran budaya dan seni yang paling besar di Indonesia, bahkan diperkirakan melebihi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX pada tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 lalu. 

“Diperkirakan mencapai 8.000 sampai 10.000 orang, kongres akan menepis banyak hal tentang Papua selama ini. Bukan kepentingan kita, masyarakat adat. Tetapi kepentingan bangsa dan persatuan NKRI,” tutup Bupati. (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel