-->

Mathius Awoitauw Minta Forum Sopan Jayapura Dukung Kongres Aman VI di Papua

Mathius Awoitauw Minta Forum Sopan Jayapura Dukung Kongres Aman VI di Papua

SENTANI, LELEMUKU.COM – Bupati Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw meminta Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (Sopan) Jayapura untuk mendukung pelaksanaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nasional (Aman) VI Tahun 2022 di Papua pada 24 hingga 29 Oktober 2022. 

“Mari Forum Paguyuban Nusantara baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota di wilayah Tabi harus bergandengan tangan sukseskan iven ini,” pinta dia di acara Halal Bi Halal dan Pelepasan Jemaat Haji Forum Sopan di Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur pada Sabtu, 28 Mei 2022. 

Selaku Ketua Forum Kepala Daerah Wilayah Tabi yang meliputi Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom, Mamberamo Raya dan Kota Jayapura, dan sebagai Ketua Panitia Kongres Aman VI , ia mengatakan tanah tabi akan dihadiri oleh sebanyak 6.000 peserta aktif masyarakat adat seluruh Indonesia. 

“Diperkirakan mencapai 8.000 sampai 10.000 orang, perserta aktif sendiri akan tinggal di rumah-rumah masyarakat. Masyarakat adat sendiri akan menampung saudara-saudaranya dari berbagai daerah,” katanya.

Awoitauw menyatakan even itu akan menjadi kegiatan pegelaran budaya dan seni yang paling besar di Indonesia, bahkan bisa melebihi pelaksaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX pada tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 lalu. 

“Kongres ini akan menepis banyak hal tetang Papua selama ini. Kongres ini pun menyerukan keberagaman yang utuh untuk Indonesia. Jadi bukan kepentingan kita, masyarakat adat. Tetapi kepentingan bangsa dan persatuan NKRI,” tambah dia. 

Menanggapi permintaan Bupati Awoitauw, Ketua Forum Sopan, H. Karim pun mengingatkan seluruh anggota paguyuban nusantara untuk menjaga dan meningkatkan komunikasi demi terwujudnya kebersamaan di Tanah Tabi, secara khusus di Jayapura. 

“Jangan biarkan ada celah untuk merusak kebersamaan kita, sekiranya seluruh paguyuban kita jaga dan rawat seperti apa yang disampaikan Pak Bupati,” tegas dia.  (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel