-->

Yan Permenas Mandenas Dengar Langsung Keluhan dan Aspirasi Nelayan Biak


BIAK, LELEMUKU.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Yan Permenas Mandenas, S.Sos,. M.Si kembali melakukan kunjungan kerjannya (kunker) di Kabupaten Biak Numfor, Jumat (5/3). Tiba di Biak, Yan Mandenas disambut oleh Sekretaris Daerah ,Markus O. Masnembra, SH.,MM mewakili Pemeintah Kabupaten Biak Numnfor dan jajaran pejabat terkait lainnya.

Berbagai agenda dilakukan oleh politisi dari Partai Gerindra ini sejak tiva di Biak, salah satunya melakukan langsung tatap muka dengan masyarakat di Samber dan termasuk masyarakat yang ada di sekitar Distrik Yendidori, khususnya kelompok nelayan.

Selain itu, juga melakukan tatap muka dan pertemyan dengan jajaran pimpinan Forum Komunikasi Daerah, pimpinan instansi terkait, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pihak-pihak terkait lainnya.  

Dalam kesempatannya, Yan Mandenas mengatakan bahwa, kedatangannya di tengah - tengah masyarakat kelompok nelayan di Kampung Samber dan sekitarnya adalah untuk mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan dan aspirasi masyarakat khususnya para nelayan di pesisir perairan Kabupaten Biak Numfor, kali ini dilakukan di Kampung Samber.

“Dimasa pandemi covid-19 membuat akses untuk menjangkau masyarakat menjadi sulit sehingga pihaknya mencoba untuk mendatangi kembali masyarakat dan mendengar aspirasi para kelompok nelayan yang ada di Biak,” ujarnya.  

"Hal inilah yang mengantarkan saya untuk datang bertemu langsung dengan masyarakat di Kampung Sumber, apa yang harus saya kerjakan agar potensi masyarakat ini tidak tidur tetapi kita bangkitkan kembali dengan cara apa, apa yang masyarakat butuhkan, dan apa yang harus saya bantu Kerjakan dengan kapasitas yang saya miliki hari ini dibantu dengan pemerintah daerah sehingga kita dapat membangkitkan kembali potensi kita yang ada di Biak," ujar Yan Mandenas

Dikatakan juga bahwa, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah untuk bisa membuka akses bisnis perikanan yang tentunya mempunyai potensi besar, tetapi Ia juga berharap potensi-potensi ini tidak terlepas dari pada keterlibatan masyarakat yang memberikan dukungan bagi setiap investor yang masuk ke kabupaten terutama di wilayah pesisir.

Dalam kesempatan itu juga mengatakan, bahwa selain mendengar aspirasi masyarakat khususnya kelompok nelayan, Ia juga mendorong Bakti Telkom untuk Bagaimana bisa membangun jaringan di wilayah-wilayah pesisir Biak yang bisa menjangkau aktivitas nelayan di laut.

"Saya ingin agar pada saat para nelayan di Biak mencari ikan di laut dengan radius beberapa mil ke laut, Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa melakukan komunikasi lewat telepon dan sebagainya. Ini yang sementara kita coba untuk mencari solusi untuk memasang BTS yang bisa menjangkau radius berapa mil ke laut untuk bisa mendapatkan jaringan," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Biak Numfor Markus O. Mansnembra dalam sambutan singkatnya menyampaikan, bahwa Kabupaten Biak Numfor memiliki potensi alam laut yang luar biasa, sehingga bisa memanfaatkan potensi yang ada dengan sebaik - baiknya.

"Potensi kita sesungguhnya ada dua yaitu perikanan dan pariwisata, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Biak Numfor fokus kepada dua sektor tersebut dalam kepemimpinan Bapak Bupati Herry Ario Naap, kedua sektor ini mendapatkan perhatian yang cukup besar,” ungkpanya.

Pada kesempatan ini dengan kehadiran Anggota Komisi I DPR RI Yan Mandenas di Kampung Samber yang merupakan salah satu kampung nelayan, Ia berharap dapat memotret secara langsung, walaupun hanya satu kampung tetapi ini bisa menjadi keterwakilan dari kondisi kampung-kampung yang ada di pesisir Kabupaten Biak Numfor.

"Kami berharap adanya perhatian dari bapak Yan mandenas untuk bisa mendengar secara langsung aspirasi suara hati masyarakat terutama warga-warga nelayan yang ada di Kabupaten Biak Numfor," tandasnya. (HumasBiakNumfor)
 

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel