-->

Ruben Moriolkossu Sebut 5 Kunci Sukses MTQ Maluku Tahun 2022 di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pelaksanaan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 yang akan dimulai pada tanggal 18 Maret pekan ini di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), membawa harapan besar bagi Pemerintah Daerah KKT serta Panitia yang dibentuk, tentang suksesnya perhelatan akbar dimaksud.

Untuk itu, harapan besar tersebut diwujudnyatakan dengan ditetapkan dan dicanangkannya 5 sukses yang dimulai dari awal tahapan persiapan lomba hingga selesainya nanti. Pemda KKT bersama Panitia MTQ yang telah dibentuk, mengharapkan bahwa ke lima sukses tersebut dapat terwujud secara maksimal.

Saat ditemui media ini di ruang kerjanya pada Senin (14/03/2022) kemarin, Sekretaris Daerah KKT, Drs. Ruben Benharvioto Moriolkossu, MM., membeberkan ke-5 sukses yang telah dicanangkan tersebut, yakni sukses perencanaan, sukses pelaksanaan, sukses partisipasi, sukses juara, dan yang terakhir adalah sukses pertanggungjawaban.

Sekda Moriolkossu menjelaskan, untuk terwujudnya suatu kegiatan yang berhasil, memuaskan, dan sukses, terlebih dahulu harus diawali dengan melakukan perencanaan yang baik dan matang. Dengan adanya perencanaan, pelaksanaan kegiatan tentunya akan berjalan mulus sesuai dengan yang telah direncanakan. Namun hal itu, perlu didukung dengan adanya partisipasi, baik dari seluruh pihak untuk mendukung terwujudnya kegiatan tersebut yang merupakan satu indikator yang tak terpisahkan dalam suatu kegiatan.

Dilanjutkan dirinya, sukses keempat adalah sukses untuk meraih juara, yang mana, segala upaya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan, haruslah didukung dengan keikutsertaan atau partisipasi dalam kegiatan. Dan dengan berpartisipasi, tentunya harus ditanamkan semangat untuk dapat berhasil keluar sebagai juara atau pemenang. Ketika keempat sukses tersebut telah direalisasikan, yang terakhir yakni, harus sukses dalam pertanggungjawaban.

Pertanggungjawaban yang dimaksudkan adalah, sebagai tuan dan nyonya rumah yang mempersiapkan segala sesuatu untuk terwujudnya kegiatan Akbar dimaksud, haruslah mampu untuk dapat mempertanggungjawabkan berbagai item-item maupun anggaran yang diperuntukan bagi pelaksanaan kegiatan hingga selesainya nanti dengan pertanggungjawaban melalui berbagai laporan sesuai data yang dimiliki.

“Ke lima sukses ini harus berjalan beriringan dan saling mendukung satu dengan lainnya. Untuk itu, Pemda bersama panitia telah mencanangkan ke lima sukses ini sebelum dilakukannya berbagai persiapan dari awal hingga saat ini. Kita mengharapkan 5 sukses yang telah ditetapkan dan dicanangkan oleh Pemerintah Daerah KKT bersama Panitia MTQ agar pelaksanannya itu kiranya dapat diwujudkan secara sukses dan memuaskan,” ujar Sekda.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut memang masih berada dalam situasi Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya nanti, dirinya mengharapkan agar anjuran dari pemerintah tentang penerapan Protokol Kesehatan (prokes) harus selalu dikedepankan agar daerah ini tetap terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

“Kita masih berada dalam situasi Pandemi yang belum juga berakhir. Kami berharap agar seluruh masyarakat Tanimbar sebagai tuan dan nyonya rumah, maupun para tamu serta peserta yang datang, selalu mengedepankan Prokes dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan sebagainya,” pinta Sekda.

Masih melanjutkan, sementara di lain sisi, meskipun sebagai tuan dan nyonya rumah yang tentunya akan disibukan dengan berbagai urusan menangani jalannya proses kegiatan, tetap ada penegasan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk setia dan disiplin menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan terhadap masyarakat melalui pelayanan yang prima.

“Telah ditegaskan kepada seluruh ASN bahwa walaupun dalam masa pelaksanaan MTQ sementara dilangsungkan, tetapi tugas pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat tetap dilakukan,” imbuhnya. (indonesiatimur.co)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel