-->

Jaringan Rakyat Miskin Kota Tuntut Anies Baswedan Tuntaskan Janji Politik

Jaringan Rakyat Miskin Kota Tuntut Anies Baswedan Tuntaskan Janji Politik.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta bakal menggeruduk kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat. Dalam unggahan Youtube JRMK Jakarta tertera bahwa aksi akan digelar pada Rabu, 2 Februari 2022 pukul 10.00 WIB.

"Masa bakti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan habis pada Oktober 2022 nanti. Namun sekian janji politiknya belum diselesaikan," demikian bunyi unggahan itu, Kamis, 27 Januari 2022.

Koordinator Jaringan Rakyat Miskin Kota Minawati membenarkan rencana aksi tersebut. Peserta aksi menuntut Anies untuk menuntaskan janji politiknya sebelum lengser dari DKI 1.

Menurut dia, aksi bakal dihadiri sekitar seribu orang. Peserta aksi terdiri dari warga kampung yang tanahnya masih bersengketa.

Dia menuturkan masih banyak kampung yang legalitas tanahnya belum jelas, termasuk Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Masalah yang sama juga terjadi di domisilinya di Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Janji-janji beliau (Anies) belum selesai," ucap dia.

Sebelumnya, Anies meneken janji politik dengan warga yang tinggal di kampung bermasalah. Janji tersebut tertuang dalam kertas yang ditandatangani Anies saat masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2017.

Anies berjanji untuk memberdayakan pengembang agar membangun kampung susun, kampung deret, hingga rumah susun. Dia juga menjanjikan bakal mempermudah akses kepemilikan rumah ini untuk warga tak mampu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan telah menunaikan janji kampanyenya terhadap warga Kampung Guji Baru, Jakarta Barat. Kontrak politik saat kampanye Anies lima tahun lalu itu diunggahkan di akun Instagram pribadinya, hari ini.

Dalam keterangan di unggahan video itu, Anies mengatakan ia membuat kontrak politik dengan warga Kampung Guji Baru dalam menata kepemilikan dan sarana-prasarana Kampung tersebut. Kontrak politik itu ditekennya lima tahun lalu saat kampanye Pilgub DKI 2017.

“Tepat empat tahun kami bertugas, Alhamdulillah janji itu kita tunaikan di Kampung Guji. Oktober tahun lalu terbit IMB Kolektif bagi Kampung Guji Baru, bersamaan dengan 14 kampung prioritas lainnya. IMB kolektif ini menandakan rumahnva menjadi bagian dari Jakarta sehingga bisa mendapatkan layanan dasar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” tulis Anies dalam unggahannya, Rabu, 12 Januari 2022.(Lani Diana Wijaya| tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel