-->

Walau Pandemi, Puncak Perayaan HKG PKK Tanimbar ke-49 Berlangsung Meriah


LARAT, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH, didampingi para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab mengikuti serangkaian acara puncak perayaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-49 yaitu Rapat Konsultasi TP-PKK Tahun 2021.

Diikuti pelantikan Ketua Tim Pengerak Kecamatan Kormomolin dan Kecamatan Molu Maru, Pengukuhan Enang/Renan/Enum Syos/Enwas/Eno Parenting serta Bunda Paud se-Tanimbar dan Bimbingan Teknis bagi Ketua TP. PKK di Gugus 2 Wilayah Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut) yang meliputi Tanut, Fordata, Wuarlabobar, Molu-Maru dan Nirunmas.

Rangkaian kegiatan itu dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 10-11 Desember 2021 di Gedung Temar Lolan, Larat.

Turut dihadiri Ketua TP-PKK Tanimbar, Ny. Joice M. Fatlolon/P, SP., para camat, Danramil 1507-01/Larat, para kepala desa dan tokoh agama serta para peserta yang berasal dari para pengurus PKK Kabupaten, ketua dan pengurus PKK kecamatan dan Ketua dan pengurus PKK desa di wilayah Tanimbar.

Ketua TP-PKK Tanimbar Joice menyampaikan bahwa acara peringatan HKG PKK ke-49 dengan tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju" dan Rapat Konsultasi TP-PKK Tahun 2021 dengan tema "Tingkat Sinergitas dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Tangguh, Berdaya dan Sejahtera di Masa Pandemi Covid-19".

Momentum yang patut untuk disyukuri oleh seluruh TP. PKK di berbagai tingkatan mulai dari kabupaten, kecamatan dan desa. Harapannya dengan peringatan HKG PKK ke-49 dan Rakon TP PKK Tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan PKK melalui gerakan keluarga pelopor perubahan menuju maju.

Selanjutnya, Bupati Fatlolon dalam sambutannya menyampaikan proficiat kepada para ketua PKK kecamatan yang telah dilantik dan para enang parenting dan bunda paud di tingkat kecamatan dan desa yang telah dikukuhkan.



Ia menyampaikan 3 pesan penting kepada para ketua TP PKK, enang parenting dan bunda paud yaitu sebagai ketua TP PKK agar memastikan 10 program PKK dapat terlaksana dengan baik, terutama program ke-9 yaitu lingkungan hidup. Para ketua TP PKK diminta untuk menjadi pelopor di bidang lingkungan, dengan memastikan lingkungan desa dan kecamatan bersih, nyaman, asri dan sehat. Benahi dari lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah secara sembarangan di parit, sungai, pantai dan laut.

Sebagai Bunda Paud agar memastikan para anak yang berusia dini harus bersekolah di Paud dan wajib. Sebagai Enang Parenting diketahui bahwa angka stunting di Kabupaten Kepulauan Tanimbar cukup tinggi, maka para enang parenting diminta untuk membantu pemerintah daerah guna mengatasi masalah tersebut. Pastikan ada pembiayaan APBDes dan program makanan tambahan untuk anak yang kekurangan gizi dan masuk kategori stunting.

Sambutan diakhiri dengan himbauan untuk seluruh kader PKK untuk bersama pemerintah daerah bahu-membahu membantu mengatasi persoalan kemiskinan, sosial, lingkungan masing-masing. Saling mendukung untuk perubahan dan kemajuan desa, kecamatan dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang lebih baik.

Berikutnya dilakukan pemotongan tumpeng puncak HUT HKG PKK ke-49 dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis berupa bantuan pemerintah untuk usaha mikro berupa uang tunai sejumlah Rp. 1.200.000,- kepada 83 orang.

Bantuan stimulan rumah swadaya korban bencana 1 unit senilai Rp. 20.000.000,- bagi keluarga F. Melayaman asal Desa Watidal-Kecamatan Tanimbar Utara;

Bantuan rumah swadaya 2 unit senilai Rp. 40.000.000,- bagi Desa Keliobar-Kecamatan Tanimbar Utara.



Bantuan sarana transportasi perairan - long boat bagi penerima di Kecamatan Molu-Maru dan Kecamatan Wuarlabobar.

Dilanjutkan dengan penyerahan piala, penghargaan dan hadiah kepada para pemenang lomba yaitu Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2020; juara 1 dimenangkan oleh Desa Meyano Bab-Kecamatan Kormomolin, menerima piala, piagam penghargaan dan bonus sebesar Rp. 20.000.000.

Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Kepulauan Tanimbar Tahun 2021, Juara 1 dimenangkan oleh Desa Waturu - Kecamatan Nirunmas, menerima piala dan bonus sebesar Rp. 7.000.00.

Juara 2 dimenangkan oleh 2 desa yaitu Desa Wermatang-Kecamatan Wermaktian dan Desa Romean-Kecamatan Fordata, menerima piala dan bonus sebesar Rp. 3.000.000.

Juara 3 dimenangkan oleh 2 desa yaitu Desa Lorwembun-Kecamatan Kormomolin dan Desa Amdasa-Kecamatan Wertamrian, menerima piala dan bonus sebesar Rp. 2.500.000.

Lomba Nyanyi Mars PKK Tingkat Kabupaten Kepulauan Tanimbar Tahun 2021, Juara 1 dimenangkan oleh TP. PKK Kecamatan Wertamrian, menerima bonus sebesar Rp. 3.000.000.

Juara 2 dimenangkan oleh TP PKK Desa Sangliat Dol-Kecamatan Wertamrian, menerima bonus sebesar Rp. 2.500.000 dan Juara 3 dimenangkan oleh TP PKK Kecamatan Wuarlabobar, menerima bonus sebesar Rp. 2.000.000.

Lomba Nyanyi Mars Dasawisma & Yel-yel Dasawisma Tingkat Kabupaten Kepulauan Tanimbar Tahun 2021, dimenangkan oleh Dasawisma dari Desa Romean yaitu Juara 1 dimenangkan oleh Dasawisma Bakan Inelak, Desa Romean-Kecamatan Fordata.

Juara 2 dimenangkan oleh Dasawisma Kilun Tutul, Desa Romean-Kecamatan Fordata, dan Juara 3 dimenangkan oleh Dasawisma Bakan Noka, Desa Romean-Kecamatan Fordata. (HumasTanimbar)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel