-->

Johannes Rettob Pastikan Jaringan Telekomunikasi di Mimika Lancar selama PON XX Papua

Johannes Rettob Pastikan Jaringan Telekomunikasi di Mimika Lancar selama PON XX Papua.lelemuku.com.jpg
TIMIKA, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati (Wabup) Mimika, Johannes Rettob, memastikan jaringan telekomunikasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Klaster Mimika lancar melayani seluruh lapisan masyarakat. Sebab, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi potensi gangguan.

"Jangan khawatir, apabila jaringan itu down, karena kita sudah diskusi terkait antisipasi ini dengan banyak pihak terkait," ujar Johannes Rettob saat jumpa pers di Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Klaster Mimika pada Kamis (30/9/2021).

Menurut dia, ada sejumlah alternatif yang telah dipersiapkan dengan melibatkan PT Telkom dan Kementerian Kominfo dalam mendukung pelayanan telekomunikasi yang berkualitas selama penyelenggaraan PON XX Papua. Sehingga, layanan telekomunikasi dapat dilakukan secara optimal dalam beberapa waktu ke depan.

Terdapat tiga upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak dalam mengamankan jaringan telekomunikasi berkualitas. Yakni, dengan memanfaatkan jaringan fiber optik yang tersambung dibawah laut dan satelit palapa ring timur untuk mengantisipasi berbagai hal yang terjadi terkait dengan gangguan telekomunikasi selama ajang tersebut terselenggara.

Selanjutnya, pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT Lintasarta dalam menyediakan jaringan telekomunikasi berkualitas selama penyelenggaraan PON XX Papua. Hal ini sebagai cadangan, apabila dua alternatif mengalami gangguan akses telekomunikasi.

"Kalau misalnya jaringan fiber optik telkom putus, maka ada satelit palapa ring timur yang telah siap," katanya.

Seluruh jaringan ini, telah dipersiapkan secara matang oleh Kominfo, PT Telkom, dan pihak Pemerintah Kabupaten Mimika. Dengan begitu, penanganan gangguan telekomunikasi yang terjadi dapat segera diantisipasi dalam waktu yang relatif lebih singkat.

"Semuanya sudah dipersiapkan, bahkan jika terjadi gangguan segera diantisipasi dengan waktu yang relatif cepat," imbuhnya.

Menurut dia, jaringan telekomunikasi berkualitas yang dibangun pada saat ini akan sangat membantu masyarakat ketika menikmati pentas akbar olahraga tingkat nasional di atas. Karena, dapat sebagai medium alternatif bagi masyarakat untuk menyaksikan PON XX Papua dari rumah maupun tempat lain. Jadi, tidak perlu menyaksikan ajang ini langsumng ke venue atau stadion terkait.

Dengan begitu, masyarakat yang berada di 18 distrik dapat menyaksikan laga-laga akbar pertandingan PON XX Papua hanya melalui gawai ataupun televisi.

"Bisa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Sehingga warga di 18 distrik yang ada di Mimika bisa menikmati tayangan PON XX Papua," tuturnya.

Masyarakat disini, lanjut dia, sudah akrab dengan penggunaan teknologi internet di wilayah tinggalnya. Sehingga, gelaran internet yang berkaulitas tentunya akan mampu membuat masyarakat dapat menyaksikan pentas olahraga ini melalui berbagai gawai.

Dia berharap, melalui jaringan telekomunikasi berkualitas dapat mendukung gelaran PON XX Papua klaster Mimika menjadi semakin sukses dalam beberapa waktu ke depan. Dengan begitu, khalayak luas mengetahui kemampuan Kabupaten Mimika dalam menggelar ajang tingkat nasional. Sehingga, nama Mimika semakin diperhitungkan dalam menyelenggarakan ajang tingkat nasional.

"Mudah-mudahan jaringan telekomunikasi dapat melayani masyarakat secara optimal selama terselenggaranya PON XX Papua," pungkasnya.(humasponxx|Jimmy Teturan)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel