-->

Polres Jakarta Barat Tangkap Empat Begal Motor, Modus Minta didorong dengan Kaki


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Polres Jakarta Barat menangkap empat begal dengan modus berpura-pura motornya mogok dan minta didorong dengan kaki atau stut oleh pengendara lain. Aksi begal ini terekam kamera dan viral di media sosial.

“Hari ini mengamankan empat orang, perannya tiga orang yang di dalam video (eksekusi) kemudian satu orang lainnya sebagai perantara yang menjual kendaraan korban,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat Komisaris Haris Kurniawan dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Keempat tersangka yang ditangkap berinisial M alias Acil, MI alias Nopi, HH alias Heri, dan BA alias Ade. Salah satu tersangka berperan sebagai perantara yang menjual motor hasil curian.

Menurut Haris, keempat tersangka ditangkap di kawasan Tangerang. Semua merupakan pengangguran dan sempat mengonsumsi narkotika jenis sabu sebelum beraksi.

“Hasil pemeriksaan kita terhadap tersangka mereka keempatnya positif menggunakan sabu. Menurut pengakuan mereka, kendaraan korban yang dijual hasilnya digunakan untuk membeli narkotika jenis sabu,” ujarnya.

Haris mengatakan keempat tersangka mengaku baru pertama kali melakukan aksi kejahatan dengan modus motor mogok tersebut.  Namun, polisi menyatakan tidak menutup mereka pernah melakukan hal serupa.

Barang bukti yang disita adalah satu unit motor para pelaku yang digunakan saat beraksi. “Mereka incar korban random (acak) aja. Siapa yang dikira lemah dan kebetulan saat kejadian korban yang berusaha menolong para tersangka me-nyetut motor,” katanya.

Dalam aksinya, para tersangka tidak dibekali senjata tajam. Motor hasil curian dijual seharga Rp 900 ribu.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Sebelumnya, aksi begal dengan modus motor mogok terjadi di kawasan Citra 2, Kalideres, Jakarta Barat. Dalam aksinya, komplotan pelaku berpura-pura motornya mogok lalu meminta pertolongan orang untuk stut.

Namun, orang yang menolong justru menjadi korban lantaran motor penolong dibawa kabur. Aksi penipuan dengan modus baru itu viral di media sosial usai akun instagram @lensa_berita_jakarta mengunggahnya, Rabu, 12 Oktober 2022. (Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel