-->

Krisjanis Karins Menang Pemilu Nasional di Latvia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Partai Persatuan Baru yang beraliran tengah-kanan memenangkan pemilu Latvia yang diselenggarakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Dengan begitu, Perdana Menteri Krisjanis Karins kembali mempertahankan posisinya sebagai orang nomor satu di Latvia.

Berdasarkan hasil perhitungan suara, Partai Persatuan Baru yang mengusung Karins mendapatkan 19 persen suara. Kondisi ini menempatkan Karins kembali harus membangun koalisi pemerintahan.

Total sudah 91 persen suara yang dihitung. Dengan terpilihnya kembali Karins, maka negara-negara Baltik yang bertetangga dengan Latvia seperti Lithuania dan Estonia akan mendorong Uni Eropa agar bersikap tegas terhadap Rusia.

Pemilu pada Sabtu kemarin memperlihatkan Partai Persatuan Baru masih mendapat dukungan paling banyak. Partai itu mendapatkan 24 kursi dari total 100 kursi parlemen yang diperebutkan. Dengan posisi seperti ini, maka Perdana Menteri Karins harus membuat aliansi tambahan agar bisa bertahan sebagai Perdana Menteri. Total ada sembilan partai yang memenangkan cukup suara untuk mendapatkan kursi di parlemen.

“Saya sangat yakin kita bisa menemukan sebuah solusi,” kata Karins, yang berusaha akan membentuk pemerintahan koalisi, Minggu, 2 Oktober 2022.

Menurut Karins, yang terpenting dan utama adalah bagaimana masyarakat Latvia dan Uni Eropa bisa melalui musim dingin, bagaimana masyarakat di seluruh Eropa bisa bersatu mendukung Ukraina dan tidak menyerah saat menghadapi kesulitan.

Dalam sejarah Latvia, Karins, 57 tahun,  tercatat sebagai kepala negara yang pernah menjabat satu periode penuh. Karins memiliki dua kewarga-negaraan, yakni Latvia dan Amerika Serikat.   

Pemerintahan Karins memberlakukan kebijakan pembatasan bagi warga Rusia untuk masuk ke Latvia.

“Saya tidak melihat pemerintahan lain di Latvia berhenti mendukung Ukraina. Ini bukan pandangan sekelompok kecil politikus, namun ini pandangan masyarakat kami,” kata Karins.


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel