-->

Kim Jong-un Awasi Latihan Operasi Nuklir Taktis Korea Utara


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi langsung latihan unit operasi nuklir taktis. Pelatihan nuklir taktis Korea Utara ini sebagai balasan atas latihan angkatan laut skala besar oleh pasukan Korea Selatan dan AS, menurut kantor berita negara KCNA, Senin, 10 Oktober 2022.

Menurut laporan KCNA, dalam dua pekan terakhir, Korea Utara melakukan latihan yang melibatkan rudal balistik dengan hulu ledak nuklir tiruan. “Keefektifan dan kemampuan tempur praktis dari kekuatan tempur nuklir sepenuhnya ditunjukkan untuk menyerang dan menghancurkan target kapan saja dari lokasi mana pun,” kata Kim Jong Un dilansir dari KCNA.

"Meskipun musuh terus berbicara tentang dialog dan negosiasi, kami tidak memiliki apa pun untuk dibicarakan, kami tidak merasa perlu melakukannya," ujar Kim Jong Un.

KCNA mengatakan Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara memutuskan melakukan latihan itu sebagai tanggapan atas mobilisasi besar-besaran pasukan angkatan laut AS dan Korea Selatan. AS dan Korea Selatan juga mengerahkan kapal induk dan kapal selam bertenaga nuklir.

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik pada Minggu pagi, kata pejabat di Seoul dan Tokyo. Peluncuran rudal balistik ini adalah yang ketujuh kali sejak 25 September 2022. Pada 4 Oktober, Korut melakukan uji coba rudal balistik lebih jauh dari sebelumnya, menerbangkan rudal di atas Jepang untuk pertama kalinya sejak 2017.

Amerika Serikat dan Korea Selatan mengadakan latihan maritim bersama yang melibatkan kapal induk AS pada hari Jumat. Latihan ini melibatkan kapal induk AS Ronald Reagan. Pasukan angkatan laut Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat juga melakukan latihan bersama sebelumnya.

Analis keamanan yang berbasis di Amerika Serikat, Anki Panda khawatir latihan perang ini akan memicu ketegangan di Semenanjung Korea. "Saya khawatir ini adalah awal dari dinamika berbahaya di Semenanjung Korea, yang terdapat dua negara bersaing sengit dan masing-masing menghadapi insentif kuat untuk menembak terlebih dahulu," katanya.

"Korea Utara belum mendefinisikan apa sebenarnya yang dianggap sebagai senjata atau misi nuklir taktis, didefinisikan sebagai kemampuan taktis," katanya.

Korea Utara juga merilis beberapa foto peluncuran rudal, tes dan latihan baru-baru ini yang menunjukkan Kim Jong Un mengawasi latihan nuklir, memberi perintah dan berpose bersama tentara yang tersenyum. (Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel