-->

K-pop BTS Wamil, ARMY Indonesia tetap Bertahan dan Setia Hingga Donasikan Dana


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Keputusan kelompok K-pop BTS atau Bangtan Sonyeondan untuk menjalani wajib militer membuat para fans mereka yang kerap disapa ARMY galau dan sedih.

Melalui surat edaran yang dikeluarkan 17 Oktober lalu lewat aplikasi Weverse dan akun media sosial, BIG HIT MUSIC yang menaungi BTS mengatakan: “BIGHIT MUSIC dengan bangga mengumumkan hari ini (17 Oktober) bahwa para anggota BTS akan mengikuti rencana untuk memenuhi kewajiban militer mereka.”

[공지] 방탄소년단 병역 이행 및 향후 활동 계획 안내 (+ENG/JPN/CHN) pic.twitter.com/jntF90agO4

— BIGHIT MUSIC (@BIGHIT_MUSIC) October 17, 2022
Dinas militer di Korea Selatan diwajibkan bagi laki-laki berusia 18-28 tahun berbadan sehat selama setidaknya 18 bulan, sebagai upaya untuk membela negara. Namun, tahun 2020 lalu, parlemen Korea meloloskan undang-undang yang menyatakan bahwa mereka yang berprofesi di dunia hiburan dapat menunda pelaksanaan wajib militer hingga umur 30 tahun.

“Sedih tapi juga bangga, sedih karena kita akan tidak akan ketemu mereka kayak perform lagi selama (3) tahun,” ujar Ima Matul Maisaroh, ARMY asal Indonesia di Los Angeles, California kepada VOA.

ARMY asal Indonesia lainnya di Los Angeles, Nancy Susatyo-Soqui juga mengaku sedih atas pemberitaan tersebut. Nancy yang sudah 8 kali menonton konser BTS mengaku kecewa dengan pemerintah Korea Selatan.

“Mungkin karena aku berharap terlalu banyak dari mereka, karena aku pikir mereka akan memberi pengakuan. Kan biar gimana juga, BTS itu sudah mendatangkan banyak uang ke Korea Selatan,” ujar Nancy yang menjadi ARMY sejak tahun 2019 lalu.

Kim Seok-jin atau Jin yang akan berusia 30 tahun bulan Desember mendatang akan menjadi anggota BTS yang pertama menjalani wajib militer selama setidaknya 18 bulan, sesuai dengan ketentuan pemerintah Korea Selatan.

Ha Jae-keun mengatakan, BTS telah banyak berkontribusi banyak ke Korea Selatan. Hal ini menimbulkan pendapat yang mengatakan “biarkan mereka melakukan pekerjaan mereka sebagai ‘boy group’ global tanpa jeda.”

“Namun, kewajiban untuk menjalankan wajib militer di Korea adalah isu yang jauh lebih sensitif dibandingkan dengan isu yang lain, pihak berwenang tidak dapat memutuskan dengan mudah untuk memberi mereka pengecualian dari wajib militer,” jelas Ha Jae-keun.

Kontroversi Penghindaran Wajib Militer

Profesor jurusan studi Asia Tenggara di New York University, Stephanie Choi menjelaskan kepada VOA bahwa banyak artis-artis pria yang mencari cara ilegal untuk menghindari wajib militer di Korea Selatan.

Kantor berita Yonhap di Korea Selatan melaporkan bahwa penyanyi k-pop, Salah satunya Yoo Seung-jun atau Steve Yoo melepaskan kewarganegaraan Korea-nya pada tahun 2002 dan menjadi warga negara Amerika Serikat untuk menghindari dinas militernya. Sejak itu ia dilarang masuk ke negaranya.

Stephanie Choi menambahkan militer Korea Selatan juga pernah memiliki unit entertainer atau pelaku industri hiburan. Mereka yang masuk ke dalam unit tersebut bisa mendapatkan waktu istirahat ekstra, serta hak istimewa lainnya. Namun, unit tersebut akhirnya dihapus pada tahun 2013 karena dianggap menyebabkan ketidakadilan.

Dampak Terhadap Industri Musik

Hingga kini BTS sudah pernah tampil di berbagai ajang penghargaan bergengsi di Amerika Serikat, seperti American Music Awards dan Grammy Awards. Tidak hanya itu, mereka juga meraih dua nominasi Grammy, serta piala American Music Awards untuk berbagai kategori, termasuk Artist of the Year, dan masih banyak lagi.

Melalui BTS ARMY Indonesia, Bunga dan teman-teman kerap membagikan informasi, menggelar acara dan menggalang donasi, salah satunya “untuk korban banjir di beberapa wilayah Indonesia.”

Sama halnya dengan Bunga, Feby Gusti Fatoni mengaku suka dengan BTS karena musiknya yang mengena dalam kehidupannya. Salah satu lagu BTS favoritnya adalah “Answer: Love Myself.”

“Karena kalau aku lagi down dan butuh semangat selalu aku dengerin. Suka banget sama liriknya yang tentang self-love gitu,” katanya.

Tidak hanya itu, berbagai acara ragam hiburan BTS kerap membuatnya tertawa dan bisa menghilangkan rasa stres.

Kepada para ARMY yang sedang bersedih, Nancy mengingatkan kembali pesan yang disampaikan oleh RM dan J-Hope di konser “Yet To Come” yang diselenggarakan di Busan beberapa waktu lalu, yaitu percayalah kepada mereka.

“Terus dengarkan lagu mereka, kirim rasa cinta kepada mereka. Tidak perlu sedih. Saya sedih tapi dalam waktu yang bersamaan saya bangga terhadap mereka,” ujarnya.

BIGHIT Music mengatakan bahwa pihaknya dan BTS berharap dapat berkumpul kembali sekitar tahun 2025 setelah menyelesaikan kewajiban militer mereka.(VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel