-->

Ganjar Pranowo Kunjungi 4 Provinsi dalam pekan Terakhir


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi empat provinsi dalam sepekan terakhir. Sejak Kamis, 6 Oktober 2022 lalu, Ganjar menyambangi Provinsi Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan.
Di hari ketujuh lawatannya, Ganjar berkunjung ke kediaman Tuan Guru Syaifuddin Zuhri di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan pada Rabu, 12 Oktober 2022. Di sana Ganjar dijamu Gogodoh makanan khas daerah setempat.
 
Ganjar mengaku membincangkan banyak hal dengan tuan rumah dalam lawatannya itu. "Cerita banyak hal yang sifatnya lucu sehingga memberikan nilai-nilai kesejukan dalam relasi sosial, keagamaan, membawa sejarah yang sangat panjang sekali," katanya dalam keterangan tertulis kemarin.
 
Sehari sebelumnya Ganjar menghadiri pembukaan musabaqah tilawatil quran atau MTQ di Kalimantan Selatan. Dia juga berziarah di makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
 
Daerah pertama yang dia kunjungi dalam rangkaian safarinya tersebut adalah Bali. Politikus PDIP itu menghadiri Business Matching Tahap IV di Nusa Dua Bali pada Kamis, 6 Oktober 2022. Acara itu juga dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja dan gubernur dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Di Pulau Dewata dia juga mengunjungi Candi Puputan Margarana kompleks Taman Pujaan Bangsa Margarana di Tabanan pada Jumat, 7 Oktober 2022. Ganjar berziarah di tempat gugurnya Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai bersama ribuan pasukannya saat perang puputan itu.
 
Menurut dia, dalam perang puputan itu juga terdapat warga Jawa Tengah yang turut berjuang melawan Belanda. "Ternyata ada kisah Pak Wagimin, asalnya dari Jenar Kutoarjo Jawa Tengah. Itu tetangga desa saya di Purworejo," ujar Ganjar.
 
Kamudian Ganjar datang ke Desa Wisata Sayan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Di sana dia turut memahat tebing padas sungai Beji Sudamala yang sudah dipenuhi relief.
 
Pada hari yang sama, Ganjar bertolak menuju Makassar Sulawesi Selatan. Dia lantas mengunjungi kediaman Habib Syekh Abdul Rahim Puang Makka. Ganjar mengaku telah lama mengenal Habib Puang Makka.
 
Pada Ahad, 9 Oktober 2022, Ganjar mengikuti Bank Jateng Friendship Run di Makassar. Acara tersebut merupakan event lari 5 kilometer dalam rangka pemanasan jelang Borobudur Marathon 2022 pada November mendatang.
 
Di Makassar Ganjar bertemu mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Keduanya menjadi pembicara dialog tentang ketahanan pangan yang digelar Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gajah Mada dan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin.
 
Kunjungannya di Ibu Kota Sulawesi Selatan itu juga disambut Wali Kota Makassar Danny Pomanto. Mereka mengunjungi Desa Tello Baru Kecamatan Panakukang Kota Makassar.
 
Selepas dari Makassar dia mengunjungi Mamuju Sulawesi Barat pada Senin, 10 Oktober 2022. Ganjar bertemu Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik dan sarapan bersama di Pasar Sentral Mamuju.
 
Lawatan Ganjat di Sulawesi Barat itu merupakan kunjungan balasan. Pada 3 Oktober 2022 lalu Akmal lebih dulu menyambangi Jawa Tengah. Di sana Ganjar juga mengunjungi Pondok Pesantren Attahiriyah Annahdhyah di Lombang-Lombang Kecamatan Kalukku Mamuju Sulawesi Barat.
Baca juga: Soal Kabar Ganjar Pranowo Dilarang ke Luar Jateng, Hasto PDIP Buka Suara (Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel