-->

Fumio Kishida Pilih Shigeyuki Goto Sebagai Menteri Ekonomi Jepang Baru


TOKYO, LELEMUKU.COM - PM Jepang Fumio Kishida telah memilih pengganti mantan menteri ekonomi Daishiro Yamagiwa, yang mengundurkan diri hari Senin (24/10) di tengah-tengah kritik yang membesar terkait hubungannya dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial.

PM Kishida, Selasa (25/10) mengumumkan ia telah menunjuk mantan menteri kesehatan Shigeyuki Goto untuk jabatan itu, seraya menyebut alasan pengalaman dan “minatnya” yang besar bagi reformasi ekonomi dan sosial. Penunjukan Goto itu berlangsung sementara perdana menteri sedang bersiap-siap untuk memperkenalkan paket stimulus ekonomi penting pada bulan ini.

Dukungan publik bagi pemerintah Kishida telah merosot sejak terbunuhnya mantan PM Shinzo Abe pada 8 Juli lalu sewaktu sedang berpidato pada rapat umum kampanye di kota Nara, Jepang Barat. Tersangka lelaki bersenjata, yang ditangkap di tempat kejadian, dilaporkan marah atas dugaan hubungan Abe dengan Gereja Unifikasi yang berbasis di Korea Selatan. Ia menyalahkan gereja itu atas kehancuran finansial ibunya.

Abe memimpin Partai Demokrat Liberal yang telah lama berkuasa di Jepang, yang baru-baru ini mengungkapkan bahwa hampir setengah dari anggotanya di parlemen memiliki hubungan dengan Gereja Unifikasi. Kishida telah memerintahkan investigasi resmi terhadap gereja itu, yang telah disebut sebagai sekte religius yang sesat. Yamagiwa adalah anggota pertama kabinet Kishida yang mengundurkan diri terkait skandal itu. (VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel