-->

Balai Bahasa Papua dan Papua Barat Sosialisasi UKBI di SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura

Balai Bahasa Papua Sosialisasi UKBI di SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Balai Bahasa Provinsi Papua dan Papua Barat melakukan sosialisasi dan pendaftaran Uji Kemandirian Berbahasa Indonesia (UKBI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Teruna Bakti Jayapura.

Koordinator UKBI Papua dan Papua Barat, Yulius Pagappong mengungkapkan hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 70 Tahun 2016 tentang UKBI yaitu tes Standar Kemahiran berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa resmi pergaulan yang merupakan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagaimana bunyi sumpah pemuda berbahasa satu bahsa Indonesia berbagsa satu bangsa Indonesia.

“UKBI setara toefl di bahasa inggris, ini merupakan instrumen penguji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, tanpa melihat kapan mulai berbahasa, dimana berbahasa dan dengan siapa berbahasa Indonesia,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Jumat, 7 September 2022.

Yulius mengatakan UKBI meliputi 5 seksi, yaitu mendengarkan, merespon khaidah, membaca, menulis, dan berbicara serta dipetakan ke dalam 7 peringkat, yaitu istimewa, sangat unggul, unggul, madya, semenjana, marginal, dan terbatas.

“Untuk siswa taruna bakti mereka hanya mengikuti seksi 1 sampai 3 yang berbasis daring atau dalam jaringan online,” ujar dia.

Balai Bahasa akan melaksanakan tes UKBI kepada 736 siswa sekolah tersebut pada tanggal 17 dan 27 Oktober 2022 dengan menggunakan telepon android. Setelah itu, para siswa akan mendapatkan sertifikat UKBI berstandar nasional.

Sertifikat UKBI sendiri bisa dilampirkan saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, melamar pekerjaan, bahkan mengajukan beasiswa.

“Tes ini digratiskan untuk siswa SMA, ini kesempatan emas bagi para siswa taruna bakti kerjasama dengan balai bahasa. Kami harap 100 persen siswa mendapatkan sertifikat UKBI,” tutur Yulius. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel