-->

Amankan Periode Ketiga, Xi Jinping Mengisi Petinggi Partai Komunis China dengan Loyalisnya


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden China Xi Jinping mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga yang melanggar preseden pada Ahad 23 Oktober 2022.

Ia juga memperkenalkan Komite Tetap Politbiro baru yang diisi dengan para loyalisnya, memperkuat posisinya sebagai penguasa terkuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Ketua Partai Komunis Shanghai Li Qiang, 63 tahun, mengikuti Xi ke atas panggung di Aula Besar Rakyat ketika tim kepemimpinan baru diperkenalkan. Dia kemungkinan akan menggantikan Li Keqiang sebagai perdana menteri, ketika Li Keqiang pensiun pada Maret.

Anggota lain dari Komite Tetap, badan pemerintahan tertinggi China, adalah petahana Zhao Leji dan Wang Huning, serta pendatang baru Cai Qi, Ding Xuexiang dan Li Xi. Li Qiang juga baru di Komite Tetap yang beranggotakan tujuh orang.

Ketujuh pria, tak ada satu pun wanita, dianggap memiliki kesetiaan dekat kepada Xi, 69, yang juga diangkat kembali sebagai ketua Komisi Militer Pusat.

"Artinya tidak akan ada checks and balances. Xi Jinping juga memiliki kendali penuh atas Politbiro dan Komite Sentral yang lebih besar," kata Willy Lam, rekan senior di lembaga pemikir Amerika Serikat Yayasan Jamestown.

Pembukaan Komite Tetap dan Politbiro dengan 24 anggota yang lebih banyak terjadi sehari setelah penutupan Kongres ke-20 Partai Komunis yang berkuasa. Pada Sabtu, amendemen ditambahkan ke piagam partai yang bertujuan untuk memperkuat status Xi dan peran pemandu politiknya dalam pemikiran di partai.

Susunan Komite Tetap adalah konfirmasi lebih lanjut bahwa cengkeraman Xi pada kekuasaan tidak berkurang meski berbagai masalah menghadang, termasuk perlambatan ekonomi yang tajam, frustrasi atas kebijakan nol-COVID-nya, dan keterasingan China yang meningkat dari Barat, diperburuk oleh dukungannya untuk Rusia Vladimir Putin.

"Saya dapat membayangkan bahwa kebijakan nol-COVID kemungkinan lebih kuat, dan akan ada dorongan lebih lanjut pada masalah kemakmuran bersama,” kata Alvin Tan, kepala strategi Asia FX di RBC Capital Markets di Singapura.

Xi, putra seorang revolusioner Partai Komunis, telah membawa China ke arah yang lebih otoriter sejak naik ke tampuk kekuasaan pada 2012.

Pembukaan itu dilakukan sehari setelah Li Keqiang dan Wang Yang, yang dipandang oleh para analis sebagai tokoh relatif moderat yang cukup muda untuk menjabat lebih lama di badan-badan pengambil keputusan teratas, dikeluarkan dari Komite Sentral.

Keduanya memiliki hubungan dengan Liga Pemuda Komunis, sebuah kelompok yang pernah berpengaruh yang menurut para ahli telah kehilangan kekuasaan di bawah Xi.

Xi Jinping meletakkan dasar untuk memerintah lebih dari satu dekade ketika ia menghilangkan batas dua masa jabatan kepresidenan pada 2018. Masa jabatannya sebagai presiden  China kemungkinan akan diperbarui pada sesi parlemen tahunan pada Maret, di mana perdana menteri berikutnya juga akan secara resmi ditunjuk. (Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel