-->

Raja Charles III Sampaikan Pidato Pertama di Hadapan Parlemen Inggris


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Raja Charles III pada Senin 12 September 2022 menyampaikan pidato pertamanya di hadapan parlemen Inggris, sejak naik takhta setelah kematian Ratu Elizabeth II.

Dalam sebuah upacara di Westminster Hall, gedung tertua di kawasan gedung parlemen, Charles menggunakan pidatonya di majelis parlemen tinggi dan rendah untuk memberi penghormatan kepada ibunya. Ia juga berjanji untuk menegakkan prinsip pemerintahan konstitusional.

"Saat saya masih sangat muda, mendiang Yang Mulia berjanji pada dirinya sendiri untuk melayani negaranya, rakyatnya, dan untuk mempertahankan prinsip-prinsip berharga dari pemerintahan konstitusional yang terletak di jantung bangsa kita. Sumpah ini dia pegang dengan pengabdian yang tak tertandingi," katanya kepada anggota parlemen yang berkumpul serta para bangsawan.

"Dia memberikan contoh tugas tanpa pamrih, dengan bantuan Tuhan dan nasihat Anda. Dan saya bertekad untuk mengikutinya."

Upacara diadakan di Westminster Hall, ketika para anggota House of Lords dan House of Commons menyampaikan simpati mereka kepada raja baru.

Charles juga memberikan penghormatan kepada parlemen sebagai "instrumen hidup dan bernapas dari demokrasi kita".

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia pada Kamis lalu. Inggris menerapkan masa berkabung nasional selama 10 hari dengan puluhan ribu warga Inggris diharapkan memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

Sebagai bagian tertua dari parlemen Inggris berusia berabad-abad, Westminster Hall akan menjadi tuan rumah jasad Ratu Elizabeth II dari Rabu malam mendatang selama empat hari resmi persemayaman nasional, hingga pemakaman kenegaraan pada Senin pekan depan.

“Saat saya berdiri di hadapan Anda hari ini, saya tidak bisa tidak merasakan beratnya sejarah yang mengelilingi kita dan yang mengingatkan kita pada tradisi parlementer penting yang dipersembahkan oleh anggota kedua majelis,” kata Charles,.

Raja Charles III selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Skotlandia, di mana ia akan bergabung dengan prosesi untuk menemani peti ratu di sepanjang Royal Mile Edinburgh ke Katedral St. Giles. Sebelum kebaktian pada Senin malam.(Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel