-->

John Sullivan Akhiri Masa Jabatan Sebagai Diplomat Tertinggi AS di Moskow


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia, John Sullivan, mengakhiri masa jabatan sebagai diplomat tertinggi AS di Moskow pada Minggu (4/9) setelah hampir tiga tahun menjabat dalam pemerintahan Trump dan Biden. Ia akan pensiun dari karier yang panjang sebagai pegawai negeri.

Perkembangan itu terjadi di tengah semakin meningkatnya krisis terkait perang Rusia di Ukraina serta sengketa terkait warga AS yang ditahan di Rusia.

Sullivan sedianya akan meninggalkan jabatan pada musim gugur ini ketika ia mencapai masa jabatan yang biasa bagi duta besar AS. Tapi prosesnya dipercepat karena isu medis keluarga, menurut orang-orang yang familiar dengan isu itu.

"Kepergian Duta Besar Sullivan sudah direncanakan dan bagian dari rotasi diplomatik normal," kata Departemen Luar Negeri. "Ia telah menjalani masa jabatan penuh sebagai Duta Besar AS untuk Rusia, mengelola salah satu hubungan bilateral paling penting di dunia pada masa yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Elizabeth Rood, wakil kepala misi untuk Rusia, akan menjadi diplomat tertinggi AS di Moskow hingga ada seseorang yang dinominasikan oleh Presiden Joe Biden untuk menggantikan Sullivan.(VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel