-->

Dorong Pemulihan Ekonomi dan UMKM Naik Kelas, BI Gelar Maluku Manggubere

Dorong Pemulihan Ekonomi dan UMKM Naik Kelas, BI Gelar Maluku Manggubere

AMBON, LELEMUKU.COM - Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tiga pilar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, yaitu stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan stabilitas sistem pembayaran. Ketiga pilar tersebut mendukung tujuan tunggal Bank Indonesia yaitu menjaga dan memelihara stabilitas nilai Rupiah melalui inflasi dan nilai tukar. Sebagai otoritas moneter di Indonesia, Bank Indonesia terus melakukan berbagai program kerja dan kegiatan dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, program kerja yang dilakukan akan berkaitan dengan berbagai kementerian/lembaga serta mitra strategis. Sehingga dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antar lembaga agar program kegiatan yang dilakukan dapat berjalan secara berkesinambungan.

Untuk dapat berkolaborasi, Bank Indonesia bersama Kementerian/Lembaga membutuhkan tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kesejahteraan bangsa. Semangat sinergi dan kolaborasi dapat memperluas point of view pihak terlibat dalam merumuskan kebijakan yang dapat diimplementasikan bersama sehingga program kerja yang dilakukan oleh masing-masing pihak dapat mendukung pencapaian tujuan ke arah yang sama.

Dengan semangat tersebut, KPwBI Provinsi Maluku melaksanakan  MALUKU MANGGUREBE Tahun 2022 sebagai bentuk kolaborasi KPwBI Provinsi Maluku baik secara internal bersama unit kerja yang ada maupun dengan eksternal bersama stakeholders dan mitra strategis. Kegiatan ini terdiri dari berbagai kegiatan yang berkaitan dengan program kerja sebagai bentuk eksitensi Bank Indonesia dalam pembangunan daerah. Sinergi dan kolaborasi diharapkan dapat membuka potensi dan peningkatan kapasitas program kergiatan untuk mendukung pencapaian tujuan secara baik dan berkelanjutan.

Kegiatan Maluku Manggurebe bermaksud mendorong semangat sinergi dan kolaborasi antara unit kerja dan stakeholders serta mitra strategis Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku dalam mendukung pekembangan ekonomi di wilayah Provinsi Maluku.

Tujuan kegiatan mendorong pemulihan ekonomi dan UMKM naik kelas melalui digitalisasi promosi dan transaksi, Business Matching Produk Lokal Maluku, menyambut Side Event G20 dan juga mendukunga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang dicanangkan oleh Presiden RI dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk-produk UMKM dalam negeri dan meningkatkan awareness masyarakat umum terkait UMKM, Sistem Pembayaran, Cinta Bangga Paham Rupiah dan Kekayaan Maluku.

Sebagai sarana showcasing produk UMKM unggulan Provinsi Maluku dengan jadwal kegiatan Maluku Manggurebe Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Hari/tanggal     Jum’at-Sabtu/9-10 September 2022, bertempat di  Gedung Serba Guna Xaverius Ambon (hybrid), Waktu 09:00 – 18:00 WIT.

Rincian Kegiatan Opening Ceremony Pada kegiatan ini akan dilakukan beberapa seremoni terkait program kerja, seperti business matching, KAD, MoU Tim Pengembangan UMKM Provinsi Maluku, dan kunjungan UMKM.

Fashion Show akan menampilkan pesona tenun Maluku yang merupakan rancangan dari perancang busana nasional.

Talkshow dan Sosialisasi akan mengusung tema terkait Digitalisasi Pembayaran dalam Pembangunan Ekonomi Daerah yang akan menghadirkan narasumber dari pembuat kebijakan, UMKM, dan Pemerintah Daerah. Selain itu juga akan dilakukan sosialisasi terkait QRIS, BIFAST, dan Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Temu Responden dilakukan dengan format webinar dengan tema “Mendorong Ekspor untuk Pengembangan Ekonomi Maluku” dengan mengundang narasumber dari agregator ekspor dan otoritas terkait.

Live Cooking akan dipandu oleh chef nasional dengan menu masakan local dengan memanfaatkan berbagai bahan olahan yang dapat saling menstubtitusi bahan makanan yang sudah biasa digunakan. Hal ini diharapkan dapat memberikan pilihan kepada masyarakat dalam mengolah makanan sehingga tingkat inflasi dapat dikendalikan.


Berbagai macam lomba dan pentas seni untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap Bank Indonesia, dilakukan berbagai macam lomba yang terbuka untuk umum serta berbagai hiburan dengan harapan dapat menjadi daya tarik acara. (BIMaluku)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel