-->

Bodewin Wattimena akan Lantik Raja Definitif Negeri Urimesing dalam Waktu Dekat


AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), telah menyetujui satu nama bakal calon Raja Negeri Urimesing, yang nantinya akan dilantik dalam waktu dekat.

“Pelantikan raja definitif Negeri Urimesing diusulkan oleh Saniri Negeri untuk dilantik pada 30 September” ungkap Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, usai menyelenggaakan kegiatan Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) di halaman parkiran depan balai kota, hari ini, Jumat (23/9/2022).

Wattimena mengakui,  meski Pemkot teleh menerima usulan tersebut, namun akan menyesuaikan dengan jadwal kegiatannya selaku Penjabat Wali Kota.

Dengan demikian ,dengan dilantiknya Raja Urimesing nantinya, akan menjawab janji terkait dengan pelantikan raja pada 10 Negeri yang belum memiliki raja definitf.

“Ya, saya kan pernah bilang bahwa di bulan September kita akan lantik minimal satu Raja di Kota Ambon, dan  rencana pelantikan Raja Urimessing, atas kerja keras tim, kabag pemerintahan, kerja keras saniri negeri, pemuka-pemuka adat, masyarakat di Negeri Urimesing,”ulasnya.

Dengan adanya usulan nama calon Raja yang masuk, menandakan bahwa persoalan terkait dengan penetapan mata rumah parenta yang selama ini telah dituntaskan. Tinggal proses pelantikan secara adat nantinya waktu yang telah disepakati bersama, dan tentunya disesuaikan dengan waktu pimpinan kota ini.

“Berarti semua persoalan sudah selesai, jadi tinggal tunggu pelantikan secara adat dan pemerintahan,”tandas Penjabat.

Untuk diketahui, 10 negeri adat yang belum memiliki raja definitif ini antara lain; Negeri Laha, Urimesing, Amahusu, Rumah Tiga, Passo, Naku, Batu Merah, Tawiri, Silale, dan Hative Besar. Setelah pelantikan Negeri Urimesing, maka akan tersisa 9 (Sembilan) Negeri.(DiskominfoAmbon)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel