-->

Nubuo Kishi Katakan Jepang Protes Rudal China yang Mendarat di Zona Ekonomi Ekslusif


TOKYO, LELEMUKU.COM - Lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China tampaknya mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, kata menteri pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada Kamis (4/8). Rudal-rudal itu bagian dari latihan militer yang diluncurkan China. Latihan militer China itu, yang terTOKYO, LELEMUKU.COM - Lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China tampaknya mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, kata menteri pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada Kamis (4/8). Rudal-rudal itu bagian dari latihan militer yang diluncurkan China.

Latihan militer China itu, yang terbesar di Selat Taiwan, dimulai sesuai jadwal pada tengah hari dan termasuk penembakan ke perairan utara, selatan dan timur Taiwan, menaikkan ketegangan di daerah itu ke level tertinggi dalam 25 tahun.

Kishi mengatakan kepada wartawan bahwa ini pertama kali lima rudal China jatuh di ZEE Jepang.

Zona itu membentang 200 mil laut dari batas luar laut teritorial Jepang. Rudal Korea Utara dulu pernah jatuh di bagian lain ZEE Jepang, termasuk beberapa dalam rangkaian peluncuran sebelumnya tahun ini.

Latihan itu dilakukan dua hari setelah Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, pejabat tertinggi yang berkunjung dalam 25 tahun, dan hanya beberapa jam setelah China mengatakan pertemuan yang direncanakan antara menteri luar negerinya dan menteri luar negeri Jepang telah dibatalkan karena China tidak senang atas pernyataan G7 yang mendesak Beijing agar menyelesaikan ketegangan di Taiwan secara damai. (VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel