-->

BI dan Pemprov Papua Sinergi Dukung UMKM Lokal di Festival Kopi Gebyar Kemerdekaan RI

BI dan Pemprov Papua Sinergi Dukung UMKM Lokal di Festival Kopi Gebyar Kemerdekaan RI

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua menyelenggarakan Festival Kopi Papua dan Gebyar Kemerdekaan RI di GOR Cendrawasih, Jayapura pada  23-27 Agustus 2022. Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Daerah yang hadir mewakili Gubernur Provinsi Papua, Ketua DPR Papua, Kabinda dan Wakapolda Papua serta anggota Forkopimda Papua, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Papua & Papua Barat, serta pimpinan perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Papua.

Pada acara pembukaan Festival Kopi Papua dan Gebyar Kemerdekaan RI, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang diwakili oleh Deputi Kepala Perwakilan, Dedy Irianto, menyampaikan penyelenggaraan Festival Kopi Papua merupakan upaya Bank Indonesia untuk mendorong terciptanya sumber pertumbuhan ekonomi baru di Papua yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.  

BI dan Pemprov Papua Sinergi Dukung UMKM Lokal di Festival Kopi Gebyar Kemerdekaan RI

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah menyelenggarakan Festival Kopi Papua sejak tahun 2018 dengan sejumlah capaian yang telah diraih. Pada gelaran Festival Kopi Papua di tahun 2021, telah berhasil dilakukan business matching bagi 162 UMKM dengan nilai pembiayaan mencapai 53,7 miliar Rupiah, serta jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 21 ribu orang. Pada gelaran Festival Kopi Papua tahun ini, capaian tersebut diharapkan akan meningkat lebih dari 10%.

Festival Kopi Papua juga menjadi sarana perluasan penggunaan transaksi nontunai yang didukung oleh Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ke seluruh masyarakat. Hingga saat ini, jumlah merchant maupun nilai transaksi QRIS terus mengalami pertumbuhan pesat di Papua. Sampai dengan Juni 2022, jumlah merchant QRIS telah mencapai 117.833. Sementara jumlah nilai transaksi pada Mei 2022 mencapai 5,94miliar Rupiah, meningkat 19 kali lipat dibanding Mei 2021.

Pada Festival Kopi Papua kali ini, Bank Indonesia juga membuka layanan penukaran uang baru tahun emisi 2022 yang baru saja diluncurkan pada 18 Agustus 2022. Pelayanan penukaran uang tersedia pada hari Selasa hingga Jumat, 23 – 26 Agustus 2022 mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIT berlokasi di GOR Cendrawasih.

BI dan Pemprov Papua Sinergi Dukung UMKM Lokal di Festival Kopi Gebyar Kemerdekaan RI

Pagelaran Festival Kopi Papua dan Gebyar Kemerdekaan RI ke-77 ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) di Provinsi Papua yang merupakan kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bank Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Papua.

Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Festival Kopi Papua dan Gebyar Kemerdekaan RI yang sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Papua. Melalui pengembangan komoditas kopi yang merupakan produk unggulan dari wilayah La Pago dan Mee Pago, Pemerintah meyakini masyarakat secara luas pada wilayah domestik dan internasional dapat semakin mengenal dan menggemari produk kopi asli Papua.

Gubernur Papua berharap kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan Bank Indonesia dapat terus berlanjut. Selain itu, sinergi dalam mewujudkan pemulihan ekonomi yang sejalan dengan visi Papua Bangkit, Mandiri, dan Sejahtera yang Berkeadilan juga dapat semakin diperkuat. (BIPapua)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel