-->

Joe Biden akan Memperdalam Hubungan Antara AS dan Israel


YERUSALEM, LELEMUKU.COM - Ini persinggahan pertama Biden dalam lawatan empat hari ke Timur Tengah, dan yang pertama sejak menjabat presiden. Dalam pidatonya setelah mendarat di Israel, Presiden Biden mengatakan bahwa dia sedang mengupayakan "perdamaian yang lebih besar, stabilitas yang lebih besar, dan koneksi yang lebih besar."

Biden menekankan 'komitmen Amerika yang tidak tergoyahkan' terhadap keamanan Israel. Namun, ia juga menegaskan kembali dukungannya bagi solusi dua negara, yang ia gambarkan sebagai "harapan terbaik bagi Israel dan Palestina".

“Ini sangat penting. Ini sangat penting, kalau saya boleh menambahkan, bagi semua orang di kawasan ini. Itu sebabnya kami akan membahas dukungan saya yang berkelanjutan bagi solusi dua negara, meskipun saya tahu, itu tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Dalam pandangan saya, dua negara adalah cara terbaik untuk memastikan masa depan yang sama-sama bebas, sejahtera, dan demokratis baik bagi rakyat Israel maupun rakyat Palestina,” ujarnya.

Ini adalah kunjungan ke-10 Biden ke Israel. Negara itu bersikap hati-hati atas ketidaksepakatan dengan Amerika soal diplomasi nuklir Iran dan perundingan yang lama mandek mengenai negara Palestina.

Dalam pidatonya, Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan, "Ini adalah kunjungan bersejarah, dan sangat pribadi. Bersejarah karena menunjukkan ikatan yang tidak tergoyahkan antara negara kita. Dan ini kunjungan yang sangat pribadi, karena hubungan Anda dengan Israel selalu bersifat pribadi. Anda pernah mendefinisikan diri sebagai seorang Zionis. Anda mengatakan bahwa Anda tidak harus menjadi orang Yahudi untuk menjadi seorang Zionis. Dan Anda benar, dan Anda adalah Zionis hebat dan salah seorang sahabat terbaik yang pernah dikenal Israel."

Selama dua hari di Israel, Biden akan melakukan pembicaraan dengan para pemimpin negara itu. Ia meletakkan karangan bunga di Yad Vashem, peringatan Israel untuk korban Holocaust. Ia sebelumnya meninjau sistem pertahanan rudal canggih negara itu.

Pada Jumat, Biden akan ke Tepi Barat yang diduduki untuk bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Pada hari itu juga, ia akan melakukan penerbangan langsung dari Israel ke Jeddah, Arab Saudi. Ini yang pertama bagi seorang presiden Amerika. Di Saudi, Biden akan melakukan pembicaraan dengan pejabat-pejabat Saudi dan menghadiri pertemuan puncak negara-negara sekutu di Teluk.

Para pejabat Amerika mengatakan lawatan Biden yang pertama ke Timur Tengah sebagai presiden ini akan memungkinkan lebih banyak langkah menuju normalisasi antara Israel dan Arab Saudi.

Kedua negara sepanjang sejarahnya saling bermusuhan tetapi merupakan dua sekutu terkuat Amerika di wilayah Timur Tengah yang bergejolak.

Lawatan Biden bertujuan mempromosikan stabilitas regional, memperdalam integrasi Israel di kawasan, melawan pengaruh Iran dan menangkis agresi Rusia dan Tiongkok. (VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel