-->

Hasil Kunjungan Olena Zelenska ke Washington Mulai Mewujud


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Hasil kunjungan Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska ke Washington mulai mewujud, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidato harian, Kamis (21/7).

Zelenskyy mengatakan Senator AS James Risch, Benjamin Cardin, Roger Wicker, Richard Blumenthal, Rob Portman, Jeanne Shaheen dan Lindsey Graham mengajukan rancangan resolusi mengenai pengakuan bahwa tindakan Rusia di Ukraina adalah genosida.

“Menurut dokumen rancangan itu,” kata Zelenskyy, “Senat AS mengutuk Rusia karena melakukan tindakan genosida terhadap rakyat Ukraina; meminta AS, bersama-sama dengan sekutu NATO dan Uni Eropa, agar mendukung pemerintah Ukraina untuk mencegah lebih lanjut tindakan genosida Rusia terhadap rakyat Ukraina, mendukung pengadilan dan penyelidikan mahkamah kejahatan internasional untuk menuntut pertanggungjawabatan para pemimpin politik dan personel militer Rusia atas agresi, kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.”

“Dengan semua serangan terorisnya terhadap rakyat Ukraina dan negara kita, Rusia sedang mengubur diri sendiri,” kata Zelenskyy.

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan setelah mengadakan pertemuan dengan para pemimpin militer dan staf sebelumnya, mereka menyimpulkan, “Kita memiliki potensi signifikan mengenai kemajuan pasukan di garis depan dan menyebabkan korban baru yang signifikan di pihak penjajah.”

Akan tetapi pasukan Rusia telah kembali menggempur kota-kota Ukraina dengan serangan jarak jauh, hanya sehari setelah menteri luar negeri Rusia memperingatkan bahwa Moskow sedang bersiap untuk memperluas perangnya di Ukraina di luar kawasan Donbas.

Para pejabat Ukraina pada Kamis mengatakan tembakan artileri Rusia menghantam banyak distrik, termasuk pasar di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menewaskan tiga orang dan mencederai 23 lainnya.

Gubernur setempat Oleg Synegubov mengatakan korban tewas di antaranya adalah seorang anak-anak, sementara polisi dan pejabat lainnya mengatakan tidak ada target-target militer di sana.

“Pasukan Rusia secara acak menembaki Kharkiv, daerah-daerah permukiman yang damai, warga sipil terbunuh,” kata Wali Kota Ihor Terekhov.

Juga Kamis, Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa rudal Rusia menghancurkan dua sekolah di Kramatorsk dan Kostiantynivka yang dikuasai Ukraina, dan sedikitnya satu rudal menghantam kota Bakhmut. (VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel