-->

Xi Jinping Jadi Tuan Rumah Pembicaraan Virtual BRICS


CHINA, LELEMUKU.COM - Presiden China Xi Jinping pada Rabu (22/6) mendesak masyarakat internasional untuk bekerja sama di tengah kesulitan pemulihan ekonomi global dan mundurnya pembangunan. Ia menyampaikan itu dalam forum bisnis virtual negara-negara BRICS yaitu Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

"Sungai sejarah yang panjang terkadang tenang, terkadang bergejolak, tetapi selalu mengalir maju dengan deras. Meskipun situasi internasional berubah, tren sejarah keterbukaan dan pembangunan tidak akan berubah, demikian pula keinginan untuk bekerja sama mengatasi tantangan."

China terus mengambil posisi netral sementara mendukung sekutunya, Rusia. Xi menolak mengkritik invasi Rusia ke Ukraina atau bahkan menyebutnya sebagai invasi untuk menghormati Moskow, namun mengutuk sanksi yang dipimpin Amerika terhadap Rusia.

Kebijakan luar negeri China yang semakin tegas dan dorongan untuk mendominasi pasar global telah mendorong reaksi balik di Amerika, Eropa dan tempat lain. Negara-negara itu menyerukan untuk mengganti pemasok China dan mengurangi ketergantungan pada ekonomi China. (VOA)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel