-->

Cegah Penyakit Menular, Pemkot Ambon Lakukan BIAN pada Semua Anak


AMBON,LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon, melakukan launcing Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), di kompleks sekolah PDK, Sabtu (28/05/2022).

Launching ini dilakukan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, dan dihadiri Forkopimda Kota Ambon, pimpinan OPD di lingkup pemerintahan Kota Ambon, para Camat,  tokoh agama,  Kepala puskesmas dan Kepala sekolah di kompleks SD PDK.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy katakan, imunisasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit menular diantaranya tuberculosis, campak, rubela, hepatitis, difteri, polio, tetanus dan lainnya

“Oleh karena itu tujuan dari imunisasi adalah menurunkan angka kesakitan, kecatatan,bahkan kematian.
Imunisasi juga melindungi anak agar saat dewasa, mereka bisa mejadi lebih sehat dan kuat ,”jelasnya.

Salah satu kendala yang dialami, yaitu saat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pelaksana imunisasi rutin tidak berjalan optimal.

Menurut Kadis, data beberapa tahun terakhir menunjukan terjadinya penurunan cakup imunisasi. Dampak dari penurunan cakupan imunisasi terjadi peningkatan jumlah kasus PD31 dan terjadi KLB campak, rubela, dan difteri di beberapa wilayah termasuk kota Ambon yaitu di Negri Hative kecil

“Kasus rubela di Hatiwe kecil, yang mana ada 2 orang terjangkit, sehingga oleh Kementrian Kesehatan RI menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) rubela. Sehingga telah di lakukan ORI bagi anak usia 9 bulan sampai 59 bulan,”terangnya.

Pelupessy katakan, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAN) merupakan salah satu upayah untuk meningkatkan capaian imunisasi

“Sasaran BIAN yaitu anak usia 9 bulan sampai dengan 12 Tahun. Untuk anak di bawah 2 tahun diberikan /lengkapi statsus vaksinasi dan untuk anak 2 sampai 12 tahun di berikan vaksinasi campak dan rubela,”pungkasnya.

Untuk jumlah total sasaran BIAN, Kadis katakan, usia 9 sampai dengan 12 tahun sebesar 57.496, dengan rincian balita 16.608, sedangkan anak dan usia 5 sampai 12 tahun yaitu 40.888 anak.

Kadis ungkapkan, pencanangan BIAN secara Nasional sudah di laksanakan pada tanggal 18 Mei 2022.
Sedangkan di kota Ambon sudah mulai sejak 19 Mei 2022 di posyandu dan sekolah- sekolah.

Kadis juga berharap adanya peran serta semua sektor untuk mendukung pelaksanaan BIAN di kota Ambon. (indonesiatimur.co)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel