-->

Agus Ririmasse Sebut Anjungan Dukcapil Mandiri Mudahkan Cetak Dokumen Adminduk Ambon

Agus Ririmasse Sebut Anjungan Dukcapil Mandiri Mudahkan Cetak Dokumen Adminduk Ambon.lelemuku.com.jpg

AMBON, LELEMUKU.COM – Masyarakat kota Ambon yang hendak mencetak dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) kini terbantu dengan adanya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan di Balai Kota.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, menjelaskan ADM tersebut adalah bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon pada tahun 2021.

“Bapak Dirjen Dukcapil mengarahkan untuk mesin ini harus ditempatkan di ruang-ruang pelayanan publik, seperti Mall dan Kantor Kecamatan. Oleh karena itu karena mesin ini hanya satu unit maka kita menetapkan di kantor Balai Kota ini untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat kota maupun ASN di lingkup Pemkot,” kata Sekkot saat peresmian ADM, Jumat (8/4/2022) di Balai Kota.

Sekkot menjelaskan dengan adanya ADM ini, masyarakat dapat mencetak sendiri e-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, dan dokumen adminduk  lainnya dengan persetujuan dari Administrator di Kantor Dinas Dukcapil Kota Ambon.

“Untuk dapat mengakses ADM, masyarakat harus mendaftarkan ke dinas Dukcapil agar diberikan token. Dalam kesibukan bapak/ibu atau masyarakat dapat langsung ke dinas dukcapil dan mendaftar dengan memberikan nomor WhatsApp, lalu tinggalkan dinas Dukcapil saja, nanti petugas akan mengirim nomor token, dan bapak/ibu datang dapat mencetak secara langsung tanpa harus antri di Dinas Dukcapil,” bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, memberikan apresiasi atas kehadiran unit ADM di Balai Kota yang menurutnya berperan penting dan strategis dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pendekatan teknologi.

“ADM ini akan berfungsi sebagai sarana teknologi yang terbaru, untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi, karena kita sekarang berada di era digitalisasi,” ungkap Wali Kota.

Dirinya mengakui, teknologi digital kini menjadi kunci utama dalam melaksanakan setiap aktivitas kegiatan pelayanan publik namun juga membawa efek samping dari segi rekruitmen kepegawaian.

“Disatu sisi saya bahagia kita bisa adaptasi dengan teknologi, namun disi lain saya kawatir bagaimana rekruitmen tenaga kerja yang diambil alih oleh mesin,” terang Wali Kota.

Untuk itu, Wali Kota berharap semua ASN perlu menguprade kemampuan dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Oleh karena itu kita perlu mengupgrade diri  kita dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, ini menjadi tantangan kita,”tandasnya.

Peresmian ADM di Balai Kota Ambon, turut dihadiri unsur Forkopimda Kota Ambon, Wakil Wali Kota, Syarif Hadler, para Pimpinan OPD Pemkot Ambon,para Camat dan Lurah (diskominfoambon)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel