-->

Sekjen PBB Antonio Guterres Meminta Presiden Rusia, Vladimir Putin Beri Kesempatan Damai di Ukraina

Sekjen PBB Antonio Guterres Meminta Presiden Rusia, Vladimir Putin Beri Kesempatan Damai di Ukraina.lelemuku.com.jpg

NEW YORK, LELEMUKU.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres meinta kepada Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (23/2/2022) malam untuk tidak menyerang Ukraina dan memberi kesempatan perdamaian kesempatan. 

Permohonan yang dibuat saat rapat darurat anggota Dewan Keamanan PBB yang hanya beberapa menit berjalan sebelum Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina melalui siaran televisi.

Guterres mendesak Rusia untuk berbalik arah dan segera berkumpul untuk pertemuan darurat.

“Jika memang operasi sedang dipersiapkan, saya hanya memiliki satu hal untuk dikatakan dari lubuk hati saya: Presiden Putin, hentikan pasukan Anda dari menyerang Ukraina. Beri kesempatan damai. Terlalu banyak orang yang telah meninggal,” pinta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada dewan.

Ia sebelumnya mengatakan bahwa setiap pasukan Rusia yang dikerahkan ke wilayah Ukraina timur bukanlah pasukan “penjaga perdamaian” seperti yang ditegaskan oleh Moskow. Guterres juga menolak klaim Presiden Vladimir Putin bahwa telah terjadi genosida terhadap penduduk etnis Rusia di wilayah tersebut.

“Ketika pasukan satu negara memasuki wilayah negara lain tanpa persetujuannya, mereka bukanlah penjaga perdamaian yang netral. Mereka sama sekali bukan penjaga perdamaian,” kata Guterres kepada para wartawan di PBB.

Dia juga mengatakan Rusia telah melanggar integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina dengan mengakui dua wilayah separatis di Ukraina timur – Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk – yang memproklamirkan diri sendiri sebagai wilayah merdeka.

Putin pada Selasa (22/2) memerintahkan Kementerian Pertahanan Rusia untuk mengirim pasukan untuk “melakukan fungsi penjaga perdamaian” di wilayah Ukraina timur. Namun, ia kemudian mengatakan kepada para wartawan bahwa dia tidak mengatakan pasukan Rusia akan segera dikirim ke sana.

Guterres mengatakan bahwa ia “khawatir tentang penyimpangan konsep pemeliharaan perdamaian” itu.

Putin mengatakan pekan lalu bahwa Rusia menganggap perlakuan terhadap penduduk etnis Rusia di Ukraina timur sebagai genosida. “Saya kira tidak demikian,” kata Guterres ketika ditanya tentang pernyataan Putin tersebut. 

Konflik besar antara Rusia dan Ukraina harus dicegah dengan segala cara. Seperti dilaporkan Arab News, Selasa (22/2), seruan itu disampaikan juga Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Politik dan Pembangunan Perdamaian Rosemary DiCarlo pada sesi darurat Dewan Keamanan.

Memberi pengarahan kepada dewan pada Senin malam, DiCarlo menyuarakan keprihatinan atas penembakan yang semakin intensif di Donetsk dan Luhansk yang mengikuti keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengirim pasukan Rusia ke dua wilayah separatis pro-Moskow di timur negara itu.

Tembakan artileri telah menyebabkan sejumlah korban, serta menargetkan infrastruktur sipil dan evakuasi massal.

Mengingatkan anggota Dewan Keamanan akan tanggung jawab di bawah hukum humaniter internasional, DiCarlo menyerukan penghentian segera permusuhan, perlindungan warga sipil dan infrastruktur sipil, dan diakhirinya retorika yang menghasut.

Pejabat PBB menggambarkan jam dan hari mendatang sebagai "kritis," dan menegaskan kembali komitmen PBB "untuk tinggal dan memberikan, dan tetap beroperasi penuh di Ukraina, termasuk di wilayah Donetsk dan Luhansk."

Pengerahan pasukan Rusia ke Ukraina timur mengikuti keputusan untuk mengakui wilayah Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri sebagai negara merdeka.

Menggambarkan pengerahan itu sebagai “misi penjaga perdamaian,” Putin mengatakan bahwa langkah itu seharusnya dilakukan “sudah lama sekali.”

Setelah pengumuman itu, Ukraina meminta pertemuan mendesak Dewan Keamanan, yang dipimpin oleh Rusia bulan ini.

Konflik di Ukraina timur, sekarang pada tahun kedelapan, menurut PBB, telah menyebabkan lebih dari 3,4 juta warga Ukraina membutuhkan bantuan kemanusiaan yang mendesak.

Duta Besar Ukraina Sergei Kyslystya menggambarkan Rusia sebagai "virus" yang disebarkan oleh Kremlin, membuat PBB "sakit."

Kyslystya mengatakan perbatasan Ukraina yang diakui secara internasional tidak dapat diubah terlepas dari tindakan dan pernyataan Rusia.(Albert Batlayeri)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel