-->

Ridwan Rumasukun Ajak Warga Papua Melek Finansial dan Tak Terjebak Pinjol Ilegal

Ridwan Rumasukun Ajak Warga Papua Melek Finansial dan Tak Terjebak Pinjol Ilegal.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Muhammad Ridwan Rumasukun berharap masyarakat “Bumi Cenderawasih” makin melek finansial serta memahami pengelolaan keuangan, seperti asuransi, pinjaman kredit maupun investasi.

Dengan demikian kedepan, masyarakat tak lagi mengalami kerugian atau terjerumus masalah keuangan, diantaranya  pinjaman online (pinjol) ilegal.

“Makanya, kami berterima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Papua bersama lembaga jasa keuangan yang ada di Papua, yang telah bergotong royong dan bersinergi meningkatkan inklusi maupun literasi keuangan bagi masyarakat Papua“.

“Harapannya, melalui kegiatan yang diikuti ini, masyarakat pelaku usaha dan peminat pemula investasi, pengusaha UMKM, dan masyarakat umum lebih memahami pengelolaan keuangan untuk masa depan yang lebih sejahtera,” terang Sekda, saat membuka webinar ngobrol keren tentang literasi keuangan (Nokenku), yang merupakan gerakan nasional tentang literasi keuangan, di Aula Diskominfo Papua, Selasa (30/11/2021).

Menurut dia, dengan dicanangkannya industri 4.0 di Indonesia oleh Presiden RI, perkembangan jaringan komunikasi di Indonesia mulai sangat pesat. Dimana salah satunya, perkembangan pinjol ilegal ilegal yang marak.

Belum lagi, tingkat literasi atau pengetahuan masyarakat tentang finansial/keuangan di Indonesia hanya sebesar 38,03 persen. Hal ini menandakan bahwa banyak konsumen sektor jasa keuangan, belum memahami secara utuh manfaat dan resiko hak sebagai konsumen.

Hal senada juga terjadi di tanah Papua, dimana tingkat literasi keuangan di Bumi Cenderawasih masih dibawa 30 persen.

“Intinya lewat webinar ini kita harap tingkat literasi dan inklusi (pemanfaatan produk atau layanan keuangan) di Papua dan Papua Barat yang tergolong rendah, kini menjadi lebih baik. Sehingga kedepan masyarakat dalam pengunaan produknya jasa keuangan bisa lebih optimal serta ekonomi dan  kesejahteraan meningkat,” tandasnya.

Sementara, bertindak sebagai pembicara dalam kegiatan webinar nokenku diantaranya Kepala OJK Papua dan Papua Barat Adolf Simanjuntak, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto. (diskominfopapua)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel