-->

Mohammad Iqbal Sebut Peningkatan Pengamanan Sirkuit Mandalika Usai Insiden Ducati

Mohammad Iqbal Sebut Peningkatan Pengamanan Sirkuit Mandalika Usai Insiden Ducati.lelemuku.com.jpg

MATARAM, LELEMUKU.COM - Kepala Polda Nusa Tenggara Barat Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal mengatakan akan meningkatkan koordinasi dan pengamanan dengan panitia penyelenggara balap WSBK di Sirkuit Mandalika usai insiden bongkar peti kargo berisi motor Ducati Panigale V4R tunggangan Michael Ruben Rinaldi.

"Kita sudah minta MGPA dan Dorna Sports untuk melakukan verifikasi," kata Kapolda NTB Iqbal seperti dikutip dari Antara, Kamis 11 November 2021.

Dari informasi pihak panitia penyelenggara, Iqbal menyampaikan bahwa tidak ada barang yang hilang dari aksi bongkar peti kargo berisi motor pembalap Aruba.it Racing-Ducati bernomor 21 tersebut. "Jadi sebenarnya tidak ada kegiatan gangguan keamanan di situ. Hanya miskomunikasi. Dorna dan MGPA yang koordinasi. Sudah clear," ucap dia.

Meskipun demikian, Iqbal menyayangkan insiden itu bisa terjadi di salah satu paddock pembalap yang berada di areal sirkuit yang notabenenya berada di luar kendali aparat. Padahal, 58 personel Brimob Polda NTB sudah bersiaga penuh di lapis ketiga pengamanan, terhitung sejak sebulan lalu.

"Makanya kita juga mengingatkan agar selain yang berkepentingan, tidak boleh ada yang membuka (peti kargo)," ujarnya.

Namun, Polda NTB yang merupakan "leading sector" pengamanan menjadikan insiden tersebut sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan tugas lapangan, termasuk koordinasi dengan panitia penyelenggara yang bertanggung jawab dalam pengamanan di lapis pertama dan kedua.

"Kita sudah atensi, jadi siapa pun yang masuk, harus seizin mereka (panitia penyelenggara) dulu," ucap dia menegaskan.

Insiden bongkar peti kargo tersebut terungkap setelah viral di media sosial melalui sebaran video berdurasi 26 detik yang memperlihatkan aksi seseorang berkemeja putih diduga dari panitia penyelenggara Mandalika Grand Prix Association (MGPA), yang membuka penutup dari motor Ducati tunggangan Rinaldi yang pernah mendapat gelar juara European Superstock 1000 Championship 2017.

Nantinya kendaraan balap godokan tim Aruba.it ini akan tampil bersama Rinaldi dalam ajang World Superbike (WSBK) 2021 seri terakhir di Mandalika International Street Circuit, pada 19-21 November mendatang. (Eko Ari Wibowo|Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel