-->

Gunawan Soemarsono Pimpin Jaksa Masuk Sekolah di SMK Negeri 6 Tansel


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Gunawan Soemarsono melakukan program ‘Jaksa Masuk Sekolah’ dengan pengenalan tentang ‘Kenali Hukum, Jauhi Hukum’ di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

“Mengapa hukum perlu?, di hari-hari belakangan ini dan masa-masa yang akan datang semakin menarik,” tanya dia kepada pada siswa pada Jumat, 29 Oktober 2021.  

Membagikan pengalaman hidup terjun di dunia kerja, Soemarsono mengatakan di masa depan bidang hukum akan semakin maju dan berkembang.

Negara Indonesia adalah negara hukum seperti yang tertuang di dalam Undang-Undang (UU) Dasar 1945 Pasal 1 dimana dengan ciri penting negara hukum, yaitu negara harus tunduk pada hukum, pemerintah menghormati hak-hak individu, dan peradilan yang bebas dan tidak memihak.

Menurutnya hukum melekat pada kehidupan manusia, hukum tumbuh, dan berkembang bersamaan dengan perkembangan manusia.

Hukum juga peraturan berupa norma dan sanksi merupakan alat atau sarana untuk mengatur tiap individu dalam kehidupan bermasyarakat yang dibuat dengan tujuan mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, dan mencegah terjadinya kekacauan.

Soemarsono pun mengajak para generasi muda Tanimbar untuk lebih mengenal dan belajar tentang hukum agar bisa menjadi pendukung keluarga jika berhadapan dengan hukum.

“Kita harus mengenali hukum supaya kita bisa menjawab hukum dimana ada kewajiban dan sanksi,” ujar Soemarsono. (Oktofina Batlajery)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel