-->

Dinus Wanimbo Apresiasi Arson Sonni Wanimbo dan Kinerja DPRD Tolikara

Dinus Wanimbo Apresiasi Arson Sonni Wanimbo dan Kinerja DPRD Tolikara.lelemuku.com.jpg

 KARUBAGA, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Tolikara megelar penutupan Rapat Paripurna I  Masa Persidangan III Tahun 2021 tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tolikara dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020. Rapat Paripurna itu resmi ditutup pada rabu (16/11/2021).

Sidang Penutupan itu dipimpin langsung Ketua DPRD Tolikara Arson Sonni Wanimbo,S.IP didampingi Wakil Ketua I Yohan Wanimbo,S.IP dan Wakil Ketua II David Payokwa,SH,M.H.

Sekretaris DPRD Tolikara Amos wandik,S.Sos meloporkan Penutupan Sidang Paripurna Masa Persidangan III Tahun 2021 digelar karena kehadiran Anggota DPRD memenuhi kuorum. Dimana lebih dari 27 anggota hadir dan 1 orang tidak hadir dan 1 anggota berhalangan tetap dari jumlah Anggota DPRD 30 Orang.

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE.,M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo, SH.,M.H mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses pembangunan. Secara khusus, Bupati memberikan apresiasi kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tolikara, atas segala dukungan dan koreksi sehingga pekerjaan pihak eksekutif dapat berjalan lebih efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara Ketua, Wakil Ketua, unsur Pimpinan  Fraksi dan Komisi, segenap Anggota DPRD Kabupaten Tolikara yang telah mencurahkan segala kemampuan dalam membahas LKPJ Bupati Tolikara Tahun Anggaran 2020,” ucap Wakil Bupati Dinus Wanimbo.

Wakil Bupati Dinus Wanimbo juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat pada tahun 2020. Menurutnya, semua harapan dan aspirasi masyarakat belum bisa terpenuhi karena keterbatasan kemampuan, sarana dan prasarana, serta adanya dinamika dan perkembangan tuntutan kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Rekomendasi yang disampaikan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD merupakan wahana evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja Pemerintah. Rekomendasi tersebut akan ditindaklanjuti dan dijadikan bahan acuan perbaikan kinerja Pemerintah di masa yang akan datang,” terang Bupati Usman Wanimbo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Arson Sony Wanimbo, S.IP dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Sidang LKPJ Bupati Tolikara dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tolikara Tahun Anggaran 2020, memperlihatkan eksistensi penganggaran kerakyatan sebagaimana diurus oleh Pemerintah Daerah serta DPRD sebagai Lembaga Legislatif yang mengawalnya.

“LKPJ Bupati Tolikara dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tolikara Tahun 2020 telah ditanggapi dalam bentuk pandangan umum Fraksi Badan Anggaran (Banggar) dan Komisi,” tutur Ketua DPRD Sony Wanimbo.

Menurut Ketua DPRD Sony Wanimbo, permasalahan-permasalahan yang disampaikan masing-masing Fraksi, Banggar dan Komisi tidak bermaksud mendiskreditkan Pemerintah tetapi untuk menjadi bahan catatan perbaikan ke depan. Permasalahan tersebut antara lain, penyediaan sarana kesehataan dan pendidikan yang belum merata di semua Distrik; penebangan hutan yang menyebabkan longsor; minimnya sarana air bersih dan penerangan; para Kepala Dinas dan Badan kurang menerjemahkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati; dan permasalahan beasiswa dan biaya pemondokan mahasiswa; serta beberapa permasalahan lainnya.

Walau demikian diakuinya tidak terlepas dari berbagai capaian melalui program unggulan dibidang kesehatan dan pendidikn yaitu Program 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Pendidikan berpola asrama mulai dari TK PAUD,SD,SMP,dan SMA.

Semua pandangan disampaikan melalui berbagai pertimbangan dalam proses persidangan. Legislatif bersama eksekutif melalui Sidang Paripurna telah mencapai berbagai kesepakatan tentang penerimaan LKPJ Bupati Tolikara dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tolikara Tahun Anggaran 2020.

“Kiranya keputusan yang kami sampaikan bersama antara DPRD Tolikara dan Pemerintah Kabupaten Tolikara dapat membawa perubahan pada tahun anggaran yang akan datang,” ucap Ketua DPRD Sony Wanimbo.
 
Sidang Paripurna I Masa Persidangan III DPRD Kabupaten Tolikara tentang LKPJ Bupati Tolikara dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tolikara Tahun Anggaran 2020, berlangsung selama 9 hari (tanggal 9/11– 17/11/2021). (DiskominfoTolikara)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel