-->

Desa Meyano Bab di Tanimbar Juarai Lomba 10 Program PKK Maluku Tahun 2020


AMBON, LELEMUKU.COM – Desa Meyano Bab, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku juarai Lomba Desa Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2020.

Pengumuman pemenang ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Maluku Nomor 205 Tahun 2021, juara kedua diraih Desa Naku di Kecamatan Leitimur, Kota Ambon dan juara ketiga diraih Desa Kamal, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), juara harapan satu diraih Desa Ohoi Wetlaar, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Juara harapan dua diraih Desa Waikeka, KecamatanKepala Madan, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dan juara harapan tiga diraih Desa Batumiau, Kecamatan Pulau Letty, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Ketua TP-PKK Tanimbar, Joice Fatlolon Pentury saat Konsultasi TP-PKK Maluku dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke -49 tahun 2021 di Islamic Center pada Kamis, 18 November 2021 mengucapkan  syukur atas hasil maksimal yang bisa diterima.

Ia berterima kasih kepada Gubernur Murad Ismail sebagai Pembina TP-PKK Provinsi bersama Ketua TP-PKK Widya Pratiwi Murad Ismail. Diikuti Pembina tingkat kabupaten, Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon, seluruh anggota PKK, dan masyarakat atas apresiasi, sinergi dan kerjasama yang maksimal.

“Terimakasih atas apresiasi,  sinergitas serta kerjasamanya. Sehingga kami sudah boleh berupaya semaksimal mungkin, dengan di tetapkan sebagai juara pertama," ucap Joice.

Ia mengatakan untuk  meraih juara pertama dilewati dengan sejumlah perjuangan dan kerja keras  semua pihak. Desa Meyano Bab di Kormomolin mampu mewakili Tanimbar dalam lomba Desa ditingkat Provinsi Maluku, sebelumnya telah memenangkan lomba desa di tingkat Kabupaten.

Menurut Joice, hasil yang dicapai merupakan bukti kerjasama dengan  mitra  TP-PKK, yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar bersama seluruh anggota dewan Pembina, terkhusus dinas dan instansi terkait, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Keberhasilan ini juga karena adanya kebijakan dan dukungan dari pemerintah kabupaten secara moril maupun materiil terhadap  10 Program pokok PKK di Tanimbar” katanya.  

Kini, TP-PKK Tanimar sedang mempersiapkan Desa Waturu di Kecamatan Nirunmas sebagai pemenang Lomba Desa Pelaksanaan Terbaik 10 Program (PKK) Tingkat Kabupaten Tahun 2021 untuk mengikuti penilaian lomba tingkat provinsi pada  27 November 2011.

Joice yakin pihaknya bisa mempertahankan gelar juara. Ia menambahkan lomba tersebut sebagai pintu masuk merubah perilaku dan pola hidup masyarakat, sebagaimana visi misi dari PKK, yaitu untuk memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.  

“Jika keluarga sudah sejahtera, maka desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan negara akan sejahtera,"tutup dia. (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel