-->

Siswa SMA Kristen Saumlaki Antusias Ikuti Lomba Meriahkan Bulan Bahasa


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar berbagai lomba dalam rangka semarak Bulan Bahasa Tahun 2021 dengan Tema ‘Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh’.

Lomba yang dikemas bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021 tersebut diantaranya pidato, story telling, deklamasi, reportase, solo, dan pembawa acara.

“Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Oktober, merupakan wujud realisasi program osis agar siswa bisa mengekspresikan potensi mereka dari sisi berbagai mata lomba,” ungkap Kepsek SMA Kristen Saumlaki, Andarias Batlayar, S.Pd., M.Si kepada Lelemuku.com pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Tujuan utama lomba tersebut untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia dari sisi tata bahasa secara baik dan juga merupakan jiwa dari Sumpah Pemuda, dimana salah satu point mengatakan ‘Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia’.



Selain itu, kegiatan lomba dipersiapkan untuk menyambut SMA Kristen Saumlaki yang akan ditetapkan sebagai sekolah model berbasis ekstrakurikuler oleh YPPK Pusat.

“Even ini dipakai untuk bisa mendapatkan figure-figur yang nantinya dipersiapkan mengikuti ajang-ajang di tingkat yang lebih teratas, misalnya tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi maupun nasional,” beber dia.

Batlayar mengatakan dari hasil evaluasi melihat minat para siswa, menurutnya keberhasilan siswa tidak semata hanya karena pengetahuan akademik saja, tetapi non akademik wajib pula untuk dikembangkan karena mampu menuntun siswa berjiwa mandiri, dan berani tampil di depan umum.

“Luar biasa antusias siswa, mereka berekspresi. Awalnya memang kami tidak tahu tentang potensi diri mereka, ternyata begitu even ini kita gelar, luar biasa banyak potensi yang mereka miliki dan kembangkan,” tutupnya. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel