-->

Pembangunan Blok Masela di Lermatan Dimulai Tahun 2022


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon mengungkapkan pembangunan tanggul LNG Blok Masela mulai dibangun pada tahun 2022 depan.

Menurutnya  pembangunan proyek gas raksasa senilai US$ 19,8 miliar atau sekitar Rp 285 triliun itu dikerjakan oleh pihak Inpex selaku operator. Dimana saat ini sedang melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil untuk persiapan proyek.

"Pekerjaan kecil terkait persiapan itu misalnya izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), survei metocean, dan akuisisi lahan semuanya kan masih dalam proses," ungkap dia pafa Rabu, 27 Oktober 2021.

Dikatakan, proyek senilai sekitar Rp285 triliun ini ditargetkan memproduksi 1.600 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) gas atau setara 9,5 juta ton LNG per tahun (mtpa) dan gas pipa 150 MMSCFD, serta 35.000 barel minyak per hari.

Bupati yang pernah menekuni usaha migas tersebut juga menyebutkan kalau proyek ini diharapkan bisa beroperasi pada kuartal kedua 2027. Besarnya proyek ini menjadikannya sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditetapkan Presiden RI Joko Widodo.

"Proyek gas Masela ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dinanti-nanti. Terlebih, proyek ini sudah direncanakan sejak 2008 lalu ketika Inpex sebagai operator Blok Masela menyerahkan POD I kepada pemerintah atau regulator hulu migas saat itu BP Migas yang kini telah berganti menjadi SKK Migas," terang dia.

Adapun Kontrak Bagi Hasil (PSC) Inpex dengan pemerintah Indonesia di Blok Masela ini telah ditandatangani sejak 1998. Namun karena sampai saat ini proyek ini juga belum beroperasi, maka saat persetujuan revisi POD pada 2019 lalu.

Pemerintah sekaligus menyetujui permohonan untuk alokasi tambahan waktu selama tujuh tahun dan perpanjangan Kontrak Bagi Hasil (Production Sharing Contract/ PSC) Blok Masela selama 20 tahun hingga 2055. Semula, Kontrak Bagi Hasil Inpex di Blok Masela berakhir pada 2028. (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel