-->

Mynrik Batlolona Nilai Akses Transportasi di Tanimbar Kian Maju


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Ir. Mynrik Batlolona, MT menilai akses transportasi udara, laut, dan darat sudah kian maju dan berkembang. 

“Banyak infrakstruktur pembangunan yang sudah dibangun  di bidang udara, laut dan darat. Aksesbilitas masyarakat kemana-mana sudah semakin mudah dan itu sangat mendorong pembangunan ekonomi ke depan,” ungkap dia kepada Lelemuku.com.

Batlolona merincikan target pencapaian yang sudah diraih pihaknya tepat di usia ke-22 tahun Tanimbar pada Senin, 4 Oktoner 2021. Daerah tersebut sudah memiliki Bandar Udara Mathilda Batlayeri dimana landasan pacuhnya sekitar 2.300 meter dan di tahun 2022 depan akan ditambah lagi 200 meter hingga mencapai 2.500 meter dengan tujuan menjadikan bandara itu sebagai bandara internasional. 

“Sementara sedang diperjuangkan, ini sangat membantu daerah ini dalam membuka akses bagi perdagangan dan lain-lain,” ujarnya.

Di bidang pelabuhan laut Saumlaki masih tetap dibenahi agar mampu mendorong banyak pihak berinvestasi ke Tanimbar dengan banyak kemudahan-kemudahan yang disediakan melalui jasa trasportasi laut.

Selain itu, banyak pembangunan dari sektor jalan yang sudah menghubungkan berbagai wilayah hingga ke pulau-pulau dengan adanya pelabuhan-pelauhan penyeberangan untuk nantinya membuka konektivitas antar pulau.

Rencana ke depan, Dinas Perhubungan akan menjawab kebutuhan wilayah-wilayah terluar, seperti Pulau Selaru dengan mengupayakan kapal penyeberangan khusus yang melayari pulau itu setiap harinya.

Di bidang darat secara bertahap dilakukan pembenahan untuk berbagai lintasan kota dari aspek trayek dan penyiapan Balai Pengujian Kendaraan Bermotor guna menata sektor perhubungan darat dari segi keselamatan lalu lintas angkutan darat.

Batlolona menjelaskan untuk sektor pelabuhan rakyat sudah banyak kapal nelayan yang digunakan untuk perhubungkan antar pulau. Pihaknya tetap mendorong adanya menambahan armada kendaraan, beberapa longboat dan speedboat melalui bantuan pemerintah pusat Dana Alokasi Khusus (DAK) guna mempermudah mobilitas orang dan barang.

Ia berharap masyarakat Tanimbar pun turut membantu pemerintah dalam menyediakan lahan dan kebutuhan lain yang mempercepat pembangunan akses transportasi agar terus berkembang menjemput beroperasi proyek strategi nasional Blok Masela.

“Jayalah negeriku, jayalah kabupatenku menyongsong hari esok yang lebih baik,” tutup Batlolona. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel