-->

Lukas Enembe Lantik Hengky Yaluwo dan Lexi Wagiu Sebagai Pemimpin Boven Digoel

Lukas Enembe Lantik Hengky Yaluwo dan Lexi Wagiu Sebagai Pemimpin Boven Digoel.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe melantik Hengky Yaluwo dan Lexi Wagiu sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Boven Digoel (Bodi), Provinsi Papua  di Gedung Negara, Kota Jayapura pada Rabu (13/10/2021).

Pelantikan yang merupakan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang tidak melibatkan dan menghadirkan banyak orang.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) nomo 131.91/4798 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas keputusan Mendagri nomor 131.91/353 tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daaerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Boven Digoel.

Dalam sambutannya Gubernur Enembe menyatakan bahwa Boven Boven Digoel harus memberikan contoh positif kepada masyarakat.

"Bupati sebagai pimpinan tinggi di kabupaten dibutuhkan menjadi tokoh panutan bagi masyarakt yang dipimpinnya, Jadi kalau sudah dilantik silahkan berikan contoh dan panutan. Jangan menjadi bupati tinggal janji," kata dia.

Ia menyatakan tugas pemimpin harus menunjukkan sikap yang tegas sehingga dikenali oleh rakyatnya dan dianggap sebagai pemimpin. Salah satunya dengan dikenalinya bupati dan wakil bupati tersebut di tingkat masyarakat termasuk dalam menangani krisis dan masalah yang saat ini sedang terjadi, diantaranya korupsi.

"Saya berharap saudara berdua dapat berkomunikasi dengan lembanga-lembaga yang ada di daerah, DPR, Koramil, Kepolisian dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah," kata dia.

Ia mengharapkan agar bupati dan wabup baru ini dapat membantu menyelesaikan masalah pengelolaan APBD dengan cara berkomunikasi dengan baik ke DPRD Boven Digoel.

Pilkada 2021 ini terlaksana melalui Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 17 Juli 2021 dengan partisipasi pemilih hanya 56,06 persen akibat meningkatnya pandemi COVID-19.

Jumlah DPT Kabupaten Boven Digoel yakni 36.882 pemilih yang terbagi di 20 distrik dan 112 kampung.

Pasangan nomor urut satu, Hengky Yaluwo-Lexi Romel Wagiu meraih suara terbanyak saat pleno rekapitulasi akhir PSU Boven Digoel pada 24 Juli 2021. (Albert Batlayeri)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel