-->

Kota Tidore Kepulauan Akhirnya Tak Ada Kasus Positif COVID-19

Kota Tidore Kepulauan Akhirnya Tak Ada Kasus Positif COVID-19.lelemuku.com.jpg

TIDORE, LELEMUKU.COM - Kurang lebih 1 Tahun 5 bulan sejak 23 April 2020 saat diumumkannya kasus COVID-19 pertama di Kota Tidore Kepulauan dengan sebutan kasus 03 dan 04 Provinsi Maluku Utara hingga, pada Selasa, 28 September 2021, Kota Tidore Kepulauan tidak lagi ada kasus positif aktif atau 0 kasus positif aktif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tidore Kepulauan Saiful Salim, di ruang kerjanya, Selasa (28/9/2021).

Saiful mengatakan, rata-rata kasus positif harian di Kota Tidore Kepulauan sejak 2 bulan terkahir di bawah 5 per hari, "Jadi sehari cuma 1 atau 2 yang positif bahkan 0 postif," kata Saiful.

Lebih lanjut, kata Saiful, target testing mingguan Kota Tidore Kepulauan adalah 7 per hari dan kita capai itu karena rata- rata testing harian kita lebih dari 10 orang per hari melalui pemeriksaan TCM dan swab test antigen (RAg) sedangkan positif rate kita saat ini adalah 2,1% angka ini telah capai target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan yakni kurang dari 5 persen.

" Olehnya itu status zonasi kita adalah zona kuning (level 2) dengan kategori resiko rendah," ucapnya.

Kata Saiful, Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore Kepulauan sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 saat ini ruang isolasinya tidak ada pasien positif yang dirawat.

"Meskipun saat ini kasus positif aktif kita sudah tidak ada (0 kasus positif aktif), namun masih sangat diharapkan kepada seluruh masyarakat agar jangan lengah dan tetap disiplin dengan protokol kesehatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) hal ini dikarenakan potensi penyebaran dan penularan COVID-19 masih tetap ada karena kita belum masuk zona hijau," tuturnya.

Untuk itu, hal lain yang perlu dilakukan selain tetap patuh dengan prokes 5 M adalah diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan usia diatas 12 tahun untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi adalah salah satu upaya pencegahan dan perlindungan yang paling efektif dalam menanggulangi penyakit menular di masa pandemik ini.

"Kami harapkan, kita semua sama-sama saling melindungi dengan mengikuti program vaksinasi COVID-19 ini, sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) secara menyeluruh," harapnya.

Untuk diketahui, data terbaru secara kumulatif per tanggal 28 September 2021, Kasus positif di Kota Tidore Kepulauam sebanyak 1506 orang, sembuh 1445 orang, meninggal 61orang, dan kasus aktif 0. (diskominfotidore)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel