-->

Joko Widodo Harapkan Ajak Warga Indonesia Bersama Rayakan PON Perdana di Papua

Joko Widodo Harapkan Ajak Warga Indonesia Bersama Rayakan PON Perdana di Papua.lelemuku.com.jpg
SENTANI, LELEMUKU.COM – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Dalam sambutannya, Presiden mengajak masyarakat Indonesia merayakan PON pertama di Papua ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan acara besar ini," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaannya di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Sabtu (2/10/2021).

Kepala Negara optimis penyelenggaraan PON Papua akan berdampak positif terhadap pembangunan di daerah ini, sehingga bisa berjalan lebih cepat.

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden dalam penutupan sambutannya.

Dua ucapan tersebut berasal dari bahasa Papua yang sering diucapkan oleh masyarakat setempat dalam keseharian mereka.

Huwe foi dan onomi rehmay berasal dari bahasa Sentani yang maknanya selamat malam, selamat datang dan Tuhan Memberkati.

Sedangkan kata "wa wa wa" berasal dari masyarakat di wilayah pegunungan Papua yang digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan.

Sebelumnya Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman dan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang juga Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PON XX Papua turut menyampaikan kata sambutan.

Pembukaan ini ditandai dengan dibunyikannya sirine tanda diresmikannya PON XX Papua 2021, dan penyalaan tungku api PON secara estafet oleh atlet-atlet legendaris Indonesia asal Papua.

Acara semakin meriah dengan dimulainya pesta kembang api sebagai isyarat bahwa upacara pembukaan PON XX Papua 2021 telah dilaksanakan.

Para artis seperti Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku menjadi pemandu acara pembukaan PON XX Papua 2021 ini.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para gubernur dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan tamu undangan lainnya menghadiri acara yang kemeriahannya hamper setara dengan pembukaan ASIAN Games di Jakarta pada 2018 lalu.

Acara pembukaan PON XX Papua 2021 ini juga disemarakkan dengan penampilan para artis, seperti D’Uzzy, Kaonak Group Papua, Tulus, Ruth Sahanaya, dan Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Edo Kondologit, Lea Simanjuntak, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan tak ketinggalan, Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih. (humasponxx/infopublik)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel