-->

4 Panpel PON Positif Covid di Merauke Jalani Isolasi di Hotel Akat

4 Panpel PON Positif Covid di Merauke Jalani Isolasi di Hotel Akat.lelemuku.com.jpg
MERAUKE, LELEMUKU.COM - Sebanyak empat pasien Covid-19 di Merauke yang merupakan panitia pelaksana (panpel) menjalani isolasi di Hotel Akat setelah terkonfirmasi reaktif antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Neville Muskita mengatakan, keempat panpel Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua itu berasal dari luar Merauke.

“Harusnya isolasi dilakukan di atas kapal, namun karena ketidaknyamanan sehingga dipindahkan ke hotel. Saya kira tidak ada kata lain selain disiplin protokol kesehatan. Minimal pakai masker,” kata dr. Neville dalam interview corner di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (06/10/2021).

Menurut Neville, kondisi mereka aman alias tanpa gejala. Namun, ia mempertanyakan proses pemeriksaan dokumen dan prokes di bandara keberangkatan.

“Tergantung dari bandara keberangkatan, diperiksa betul atau tidak. Ini kita jaga bersama. Harusnya selektif sekali untuk memastikan dia bebas. Kalau dari bandara keberangkatan tidak terdeteksi dengan baik, akhirnya menjadi sumber penularan,” ungkap Nevile.

Hingga hari ini, kata Neville, capaian vaksinasi di Merauke masuk 72 persen untuk dosis pertama, dan 46 persen untuk dosis kedua. Persentase ini sudah lebih dari target warga tervaksin sebelum PON yakni 70 persen

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menyebutkan seanyak 29 atlet dan ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan PCR di sejumlah fasilitas kesehatan di Papua.

Berdasarkan data yang diterima tim Satgas Covid Papua hingga 5 Oktober 2021 pada pukul 20.00 WIT, dari 29 kasus ini, 1 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

“Ke-29 kasus tersebut terdiri dari Kabupaten Mimika tiga belas kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus,” kata Silwanus, Selasa (05/10/2021). (HumasPONXX|Getty/Gusty Masan Raya)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel