-->

SD Naskat St. Canisius Sifnana Sambut Tim Asesor Akreditasi BAN-SM Maluku


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) Provinsi Maluku melakukan visitasi akreditasi guna menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacuh pada standar nasional pendidikan di SD Naskat St. Canisius Sifnana, Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Rabu, 22 September hingga Kamis, 23 September 2021.

“Bersyukur kegiatan visitasi selama dua hari sudah berjalan dengan baik di sekolah ini,” ungkap salah satu Asesor BAN-SM Maluku, Juliana Niruhua, S.Pd., M.Pd kepada Lelemuku.com.


Ia pun menyebutkan beberapa catatan yang menjadi penting bagi pihak sekolah, yaitu perlu adanya pengembangan prosesi berkelanjutan, dan penilaian kinerja guru.

Proses pembelajaran kepada siswa sudah baik dan kreatif, namun belum dimuati dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“RPP yang digunakan hasil download internet, tidak mengapa, tapi harus diubah sesuai satuan pendidikan atau karakteristik sekolah sebagai acuan. Itu sangat digalakkan bagaimana membuat kurikulum berbasis kearifan lokal,” sebut Juliana.

Ia memuji visi dan misi sekolah itu yang menekankan pada sisi religius, keimanan, dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Juliana meminta agar pihak sekolah dapat memperbaharui visi dan misi sekolah sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Selain itu, pembelajaran di SD Naskat St. Canisius Sifnana sudah bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran online di masa pandemi Covid-19.  


“Ini bekal yang kami tinggalkan supaya dapat ditindaklanjuti, kiranya Ibu Kepala Sekolah dapat terus membangun komunikasi dengan para guru agar semua program sesuai untuk peningkatan kinerja sekolah,” kata Juliana.


Kemudian, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendibud) Tanimbar, Herman Yoseph Kelbulan, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada para asesor yang telah melakukan verifikasi dan validasi terhadap data dan informasi yang diperoleh dari sekolah melalui instrument akreditasi melalui observasi lingkungan sekolah, kelas, dan wawancara warga sekolah.   


Ia berpesan kepada para dewan guru untuk menjadikan semua masukan sebagai semangat dalam memacuh pendidikan yang lebih baik dalam mendidik para pemimpin Tanimbar masa depan.  

“Jangan kita fokus pada akreditasinya, tetapi bagaimana meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Pasti ke depan anak-anak disini akan menjadi orang-orang hebat di masa depan,” harap Kelbulan.


Selanjutnya, Kepsek Patriana Sinlety, S.Ag mengaku semua penilaian akan dijadikan pedoman dan motivasi pihaknya untuk mewujudkan Indonesia Maju dari Tanimbar yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila yang bernalar kristis, kretai, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.


“Kami pun ucapkan terima kasih dan permohonan maaf untuk kekurangan yang kami lakukan, ini menjadi bekal bagi kami,” aku dia.


Kegiatan visitasi BAN-SM Maluku di Tanimbar dibagi dalam 5 tim asesor yang mengunjungi 20 sekolah, diantaranya SMP Negeri Satu Atap Werlumdity, SD Naskat St. Canisius Sifnana, SD Naskat III Don Bosco Saumlaki, SD Negeri 3 Inpres Siwahan, SD Inpres Keliobar, SMP Negeri 1 Yaru, MI AL-Ahzar Saumlaki, SD Negeri Atubul Mase.


SD Naskat 2 Santa Theresia Wowonda, SMTK Sola Gratia, SMAS Budi Mulia Saumlaki, SD Naskat I St Iqnasius Olilit Timur, SD Naskat St. Fransiscus Xaverius Bomaki, SD Inpres Lelingluan, SD Negeri 2 Inpres Larat, SMP Negeri 2 Tanimbar Utara (Tanut), SMP Negeri 1 Tanut, dan SD Negeri 1 Larat. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel