-->

Petrus Fatlolon Harap Desa Kandar Jadi Contoh Inovasi di Tanimbar


AMBON, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH, MH didampingi asisten dan pimpinan SKPD terkait mengikuti kegiatan Webinar Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa – Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Acara yang berlangsung di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur Maluku dilakukan secara langsung maupun virtual melalui aplikasi zoom meeting.  


Kegiatan dimaksud turut dihadiri oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan – Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Wakil Walikota Ambon, Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku, Kepala DP3MD Kota Ambon, pimpinan jajaran OPD terkait, Kepala Desa dan Lurah serta tamu undangan lainnya pada Kamis, 2 September 2021.

Bupati Fatlolon mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dirjen Bina Pemdes-Kemendagri dan Pemprov Maluku dalam hal ini Gubernur Maluku Murad Ismail bersama jajaran OPD khususnya Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku atas arahan, pendampingan dan motivasi kepada  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Ia mengatakan dirinya memahami bahwa keberhasilan Desa Kandar tidak terlepas dari campur tangan, bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh Pemprov Maluku kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Sebagai daerah yang merupakan kabupaten terluar dan berbatasan langsung dengan Negara Australia, saya bangga dengan ditetapkannya Desa Kandar sebagai pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku, Tahun 2021,” ungkap dia.

Menurut Fatlolon, hal tersebut mengandung makna yang sangat strategis dalam rangka membangun Kabupaten Kepulauan Tanimbar mulai dari desa untuk Tanimbar yang lebih maju.

Pemerintah daerah terus berkomitmen untuk terus mendorong Desa Kandar untuk terus berinovasi, berkolaborasi bersama-sama dengan masyarakat untuk mewujudkan Tanimbar yang Cerdas, Sehat, Berwibawa dan Mandiri.


Dengan penetapan Desa Kandar sebagai juara satu lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Maluku dapat menjadi motivasi bagi desa lainnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sehingga,dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk terus berinovasi dan bergerak maju.

“Kami meminta arahan lebih lanjut dari Pemprov Maluku dan Kemendagri dalam mengimplementasi berbagai program pembangunan mulai dari desa untuk Tanimbar dan Maluku yang lebih maju,” tutupnya.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menghasilkan 2 pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 yaitu Desa Kandar - Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kelurahan Amantelu – Kota Ambon.

Ia mengapresiasi Desa Kandar yang menurutnya luar biasa dari pulau terluar dapat memberikan inovasi dan terobosan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan.

Penetapan juara lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Maluku ditandai dengan penyerahan trofi Gubernur Maluku, piagam penghargaan dan uang tunai kepada desa dan kelurahan terbaik sebagai salah satu bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Maluku atas kinerja pemerintah desa dan kelurahan. Penyerahan tersebut telah dilaksanakan pada HUT ke-76 Provinsi Maluku, tanggal 19 Agustus 2021. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan fasilitasi, pembinaan serta pengawasan secara baik dan benar.

Pemerintah Provinsi Maluku memberikan penghargaan yang tinggi atas dukungan dari Pemda Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Pemkot Ambon dalam pelaksanaan berbagai tahapan evaluasi perkembangan desa & kelurahan sehingga Desa Kandar – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kelurahan Amantelu – Kota Ambon ditetapkan sebagai juara 1 lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Tahun 2021. (HumasTanimbar)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel