-->

Petrus Canisius Mandagi Sebut Uskup Baru Amboina Diumumkan Oktober 2021



SAUMLAKI, LELEMUKU.COM -  Melakukan serangkaian kegiatan selama sepekan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC, yang diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup Agung Merauke di Papua.

Mandagi yang sebelumnya Uskup Amboina untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara sejak tahun 1994, mengungkapkan kalau dalam waktu dekat ini, tepatnya bulan Oktober mendatang, Tahta Suci Vatikan akan mengumumkan siapa Uskup Amboina yang baru.

"Dalam waktu dekat, bisa saja bulan depan, Keuskupan Amboina akan mendapat Uskup yang baru," ungkapnya usai memberikan Sakramen Krisma kepada 769 orang di Gereja Hati Kudus Yesus, Olilit Barat, Rabu, 22 September 2021.

Hal itu harus ditegaskan Uskup Mandagi, lantaran berbagai opini di media sosial, yang berbicara tentang siapa yang bakal mengemban tugas sebagai pimpinan umat Katolik di dua provinsi ini.

"Saya lihat ada diskusi di Facebook oleh orang-orang mabuk dan itu kayanya dari daerah sini. Uskup itu pilihan Tuhan," tandas dia.

Menurutnya, Vatikan lah yang menentukan siapa Uskup Amboina yang baru. Bahkan dirinya juga tidak bisa menentukan siapa the next yang menggantikannya di Bumi Raja-Raja ini. Oleh sebab itu, dirinya meminta dukungan semua umat Katolik di Maluku dan Maluku Utara, agar mendukung siapa saja yang nantinya mengemban amanah sebagai Uskup Diosis Amboina.

"Saya harap anda semua menerima  siapa saja yang menjadi Uskup. Jangan lihat asalnya Pakah Dia orang Key, Tanimbar atau Manado," imbaunya berharap.

Kesempatan itu, diharapan ribuan umat Katolik di Bumi Duan Lolat ini, Uskup Mandagi juga mengingatkan agar kendati ada perbedaan politik, tetapi hal itu tidak harus membuat perpisahan dan perpecahan satu dengan yang lain, apalagi sampai harus saling menghancurkan.

"Semoga dengan kehadiran Roh Kudus lewat Sakramen Krisma, umat Katoli di negeri ini semakin bersatu dan saling mengasihi. Persatuan dan persaudaraan bukan dilihat dari gedung gereja yang megah. Tetapi dimana ada cinta dan persaudaran, disanalah Kristus hadir," pesan Uskup Mandagi.

Lawatan Uskup Mandagi di Tanimbar, dimulai sejak Senin (20/9) kemarin hingga Jumat (24/9) besok (hari ini red) dengan agenda penerimaan Sakramen Krisma, pentabisan gereja. Dimana  titik kunjungan Desa Lamdesar Timur dan Barat, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Desa Arui, Kecamatan Wertamrian, Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan, dan Pulau Seirah Blawar, Kecamatan Wermaktian. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel