-->

Petrus Canisius Mandagi Resmikan Gedung Gereja St. Yosep Lamdesar Barat


LAMDESAR BARAT, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH, MH., bersama Ketua TP. PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar mendampingi Uskup Diosis Amboina - Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC.,dalam acara Pemberkatan dan Pengresmian Gedung Gereja Katolik Santo Yosep - Lamdesar Barat, Paroki Santo Pius X Larat pada Senin, 20 September 2021.


Kesempatan tersebut juga turut dihadiri pimpinan dan anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar, pimpinan umat beragama,pimpinan BUMD, Forkopimcam Tanimbar Utara, para pastor,suster dan frater, Ketua Klasis GPM Tanut, Ketua Majelis Jemaat GPM Lamdesar Barat dan para kepala desa, tokoh adat dan masyarakat Desa Lamdesar Barat.


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat datang Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC di bumi Duan Lolat lebih khusus di Desa Lamdesar Barat.  Bupati juga mengungkapkan terimakasih kepada pimpinan Gereja Protestan Maluku yang turut berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan Pengresmian Gedung Gereja Katolik St. Yosep - Lamdesar Barat.


Diketahui bahwa baik persiapan maupun panitia pentabhisan juga berasal dari jemaat GPM di Lamdesar Barat. Sesungguhnya hal tersebut adalah tanda solidaritas dan kerukunan umat beragama yang patut di contohi di seluruh Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Untuk itu, patut diberi apresiasi kepada seluruh umat kahtolik dan jemaat GPM di Desa Lamdesar Barat yang telah membangun kerjasama dengan baik.


Bupati juga melanjutkan bahwa dalam acara pengresmian gereja Katholik di Lamdesar Barat dan Lamdesar Timur, sebagian penduduk dari beberapa Desa di Tanimbar Selatan seperti Desa Sifnana, Desa Lorulun dan desa lainnya berbondong-bondong datang ke Desa Lamdesar Barat dan Lamdesar Timur dikarenakan memiliki hubungan adat Pela antara satu dan lainnya. Hal tersebut juga merupakan bentuk dari solidaritas serta rasa kebersamaan sesama anak Duan Lolat.


Dalam kesempatan tersebut, Uskup Diosis Amboina menyampaikan ucapan syukur atas 27 tahun mengabdi sebagai Uskup Diosis Amboina sebelum memegang secara penuh Keuskupan Agung Merauke, masih dapat memberkati beberapa gereja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Uskup Diosis Amboina juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah desa yang telah berjuang bersama umat untuk membangun gedung gereja yang luar biasa ini. Uskup juga berterimakasih kepada kelompok protestan, ia melihat keindahan persaudaraan dari umat beragama antara Kahtolik dan Protestan.


Uskup menghimbau agar boleh berbeda, tapi jangan berkelahi karena hal tersebut bertentangan dengan agama, sangat disesalkan jika terjadi perpecahan antar orang Kristen.


Uskup juga turut menyampaikan bahwa gedung harus menjadi tanda bahwa umat saling mengasihi, menghormati dan mengampuni satu dengan lainnya. Gereja sebagai sarana untuk membangun persatuan dan persaudaraan.


Acara dilanjutkan dengan misa bersama di Gedung Baru Gereja St. Yosep - Lamdesar Barat. (HumasTanimbar)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel